Arahan Kapolda Metro Jelang Ramadan dari SOTR hingga Petasan

ADVERTISEMENT

Arahan Kapolda Metro Jelang Ramadan dari SOTR hingga Petasan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 08:00 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat jumpa pers penangkapan terduga teroris di Jakarta dan Bekasi, Senin (29/3/2021)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Bulan suci Ramadan sudah di pengujung mata. Berkaitan itu pula, Polda Metro Jaya menyiapkan strategi pengamanan agar pelaksanaan ibadah umat muslim selama Ramadan terlaksana dengan aman dan tenteram.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyampaikan arahan kepada jajarannya agar memaksimalkan pelayanan dan pengamanan selama Ramadan dan Idul Fitri. Fadil Imran mengingatkan jajaran untuk mengantisipasi kerawan, seperti sahur on the road (SOTR) hingga petasan.

Dalam arahanya itu, jenderal bintang dua ini meminta agar pengamanan tidak dengan cara-cara pendekatan biasa-biasa saja. Perlu strategi khusus untuk mengamankan kegiatan masyarakat agar pelaksanaan Ramadan dan Idul Fitri berjalan dengan baik.

"Tidak ada lagi yang melakukan tindakan-tindakan dengan pendekatan biasa saja," kata Fadil dalam arahannya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/3/2022).dalam acara Tactical Floor Game (TFG) Kesiapan Pengamanan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/3).

Minta Distribusi Mercon-Petasan Diawasi

Secara khusus, Fadil Imran meminta Dirintel Polda Metro Jaya Kombes Hirbakh untuk mengawasi distribusi mercon dan petasan. Mantan Kapolda Jawa Timur ini menilai petasan dapat mengganggu kekhusyukan ibadah di bulan suci Ramadhan.

"Iya kan tidak asyik tuh orang lagi tarawih tiba-tiba ada mercon bunyi kanan kiri, ini tambahan aja. Itu kan di bibitnya tempat jualan kembang api dan mercon itu kan sudah ada," ujar Fadil.


Antisipasi Sahur on The Road

Kerawanan lainnya yang perlu diantisipasi selama Ramadan adalah kegiatan sahur on the road (SOTR). Kegiatan SOTR saat ini dinilai lebih banyak mudaratnya dibandingkan manfaatnya.

"Saya minta betul-betul diantisipasi. Sahur on the road, ngabuburit, kemudian fenomena kejahatan yang menyertai di bulan Ramadan dan menghadapi Idul Fitri (pengamanannya) harus semakin baik," kata Fadil.

Simak juga video 'Aturan Mudik Terkini: Sudah Booster Tak Perlu Tes Covid, Tak Ada Penyekatan':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: Irjen Fadil meminta pengamanan Ramadan dan Idul Fitri tak ala kadarnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT