Polda Metro Filter Kendaraan di 13 Titik Cegah SOTR Selama Ramadan

ADVERTISEMENT

Polda Metro Filter Kendaraan di 13 Titik Cegah SOTR Selama Ramadan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 11:05 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya bersiap melaksanakan pengamanan ibadah bulan suci Ramadan. Polda Metro Jaya mengantisipasi kerawanan selama Ramadan, salah satunya kegiatan sahur on the road (SOTR).

"Saya minta betul-betul diantisipasi. Sahur on the road, ngabuburit, kemudian fenomena kejahatan yang menyertai di bulan Ramadan dan menghadapi Idul Fitri (pengamanannya) harus semakin baik," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat melaksanakan tactical floor game menghadapi Ramadan di BPMJ Polda Metro Jaya, Kamis (31/3/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memetakan ada 13 kawasan yang kerap dijadikan tempat SOTR. Polisi akan melakukan pengawasan di titik-titik tersebut.

"Beberapa kawasan yang ditengarai sering dijadikan sebagai tempat kegiatan semacam SOTR ada 13 kawasan. Lima kawasan menjadi tanggung jawab Polda, kemudian 2 kawasan tanggung jawab Polres Jakpus, 2 kawasan tanggung jawab Polres Jakut, 1 kawasan tanggung jawab Polres Jakbar, 2 kawasan Polres Jaksel dan 1 kawasan jadi tanggung jawab Polres Jaktim," kata Sambodo.

Sambodo mengatakan pihaknya akan memberlakukan filter kendaraan di 13 kawasan tersebut. Filter kendaraan itu bakal dilakukan mulai 2 April hingga 2 Mei 2022 tiap pukul 01.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Menurut Sambodo, petugas akan mendirikan pos pengamanan di 13 kawasan tersebut. Tiap kendaraan di rentang waktu filterisasi dan ditengarai akan melakukan SOTR akan dibubarkan.

"Untuk yang menjadi tanggung jawab Polda adalah Jalan Sudirman-Thamrin. Kita akan melakukan filterisasi artinya kendaraan-kendaraan masih bisa melintas, namun apabila ada rombongan-rombongan yang dicurigai melaksanakan SOTR atau balapan liar, tawuran, dan sebagainya, maka akan secara otomatis anggota akan melaksanakan penindakan," jelas Sambodo.

Sambodo mengatakan kawasan Sudirman-Thamrin akan ditutup mulai Bundaran Senayan sampai Patung Kuda selama masa filterisasi berlangsung. Personel dari Lalu Lintas dan Sabhara akan rutin berjaga di lokasi.

Sambodo mengatakan titik berikutnya yang juga akan dilakukan filterisasi berada di Jalan Gunawarman, Senopati, hingga kawasan SCBD.

"Dari bursa efek itu semua termasuk SCBD yang berbatasan dengan jalan Senopati itu ditutup. Jalan Gunawarman kita sekat mulai dari KFC, kemudian pertigaan Apotek Senopati sampai ke Jalan Suryo," jelas Sambodo.

Lebih lanjut kawasan yang juga menjadi perhatian Polda Metro Jaya terkait penjagaan terhadap kegiatan SOTR berada di kawasan Jalan Asia Afrika. Polisi juga bakal melakukan penutupan jalan selama kebijakan filterisasi berlangsung.

"Kawasan yang ketiga yang menjadi tanggung jawab Polda adalah kawasan Jalan Asia Afrika. Mulai dari Bundaran Moestopo sampai Hotel Fairmont, sampai samping Hotel Mulia, hingga Gerbang Pemuda. Kemudian wilayah yang menjadi atensi kita juga adalah kawasan Jalan Bulungan-Mahakam dan Barito. Itu juga sering menjadi lokasi SOTR," pungkas Sambodo.

Simak juga 'Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tasikmalaya Meroket':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT