ADVERTISEMENT

Buka-bukaan Apdesi Pendukung Jokowi 3 Periode soal Luhut di Dewan Pembina

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 07:11 WIB
LUHUT BINSAR PANDJAITAN
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Ardian Fanani)
Jakarta -

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) pimpinan Surta Wijaya buka suara soal posisi Luhut Binsar Pandjaitan di organisasinya. Luhut disebut menjabat Ketua Dewan Pembina di Apdesi.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Apdesi Muhammad Asri Anas. Dia mengatakan kerap bertemu dengan Luhut.

"Posisinya tentu seperti itu, sepertinya saudara-saudara dengar Pak Luhut itu menjadi Ketua Dewan Pembina," kata Asri Anas kepada wartawan, Kamis (31/3/2022).

Anas mengatakan komunikasi dilakukan untuk meminta petunjuk dari Luhut. Dia juga mengatakan komunikasi dilakukan secara resmi dan intens.

"Intens dan resmi. Silakan dicek, surat audiensi kita resmi. Kalau mau ketemu beliau, surat audiensi kita resmi. Kalau ada by phone kan biasa, namanya minta petunjuk dan itu kita lakukan untuk yang lain," jelasnya.

Asri mengatakan Luhut dipilih langsung sebagai ketua dewan pembina oleh para pengurus. Selain itu, dia menjelaskan, sebanyak 50 persen program Apdesi ada bidang yang berada di bawah Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

"Pembangunan di desa yang paling banyak itu pembangunan yang berurusan dengan jalan, jembatan, air bersih, dan lain sebagainya. Misalnya teman-teman menggagas desa wisata se-Indonesia, bahkan 2.500 desa wisata baru dengan Pak Sandiaga Uno, lalu kami buat program 7.000 desa pesisir di Indonesia," kata dia.

"Yang bisa saya katakan itu semua ada di bawah Pak Luhut semua. Jadi 50 persen program kami ada di sana," sambungnya.

Asri juga sempat menyatakan Apdesi bakal mendukung penuh Jokowi jika memang memungkinkan untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden.

"Bilamana konstitusi memungkinkan Bapak Presiden Joko Widodo mencalonkan lagi, maka Apdesi dan kepala desa akan memberikan dukungan penuh," ucapnya.

Sekjen Apdesi Asep Anwar Sadat mengatakan Luhut resmi menjadi dewan pembina Apdesi sejak enam bulan lalu saat Surta Wijaya sebagai Ketua Umum yang baru.

"Kami juga baru enam bulan setelah dilantik. (Luhut) Ya sama mengikuti kepengurusan kita setelah kepemimpinan pindah ke Pak Surta," ujarnya.

Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT