Satgas COVID: Tak Ada Penyekatan Saat Mudik Lebaran 2022

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 20:29 WIB
Penyekatan di Sumber Arta Bekasi, Selasa (11/5).
Ilustrasi Penyekatan (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Satgas COVID-19 menegaskan tidak ada penyekatan saat mudik Lebaran 2022. Selama mudik nanti akan dilakukan random sampling kepada pengendara.

"Memang tidak ada penyekatan dari unsur keamanan Polri tapi tadi disampaikan secara random sampling ada juga pos pelayanan untuk mengecek status PeduliLindungi. Jadi yang sudah booster PeduliLindungi-nya terlihat di situ," ucap Ketua Satgas COVID-19 Suharyanto dalam jumpa pers, Kamis (31/3/2022).

Dia mengatakan penyesuaian aturan selama mudik Lebaran dilakukan secara persuasif. Dia menyebut akan ada juga pelayanan vaksinasi di titik tertentu.

"Akan ditempatkan titik-titik untuk melaksanakan vaksinasi sehingga masyarakat yang mudik dilayani kebutuhan vaksinasinya," katanya.

Hal senada disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan random sampling akan dilakukan untuk pengecekan pemudik.

"Kita tidak akan melakukan penyekatan (mobil pribadi) tapi random sampling ini yang menguji kita agar kita konsisten toh yang kita lakukan bukan untuk kita saja sehingga kita dapat mudik dengan aman nyaman dan selalu sehat," kata Budi.

Simak juga Video: Survei Kemenhub: 79 Juta Orang Ingin Mudik Tahun Ini

[Gambas:Video 20detik]




(idn/dwia)