ADVERTISEMENT

Polisi Gandeng BPH Migas Selidiki Dugaan Penimbunan Solar di Jakbar

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 20:11 WIB
Petugas menyusun barang bukti solar oplosan saat ungkap kasus tindak pidana migas di Polda Sumatera Selatan, Palembang, Selasa (22/3/2022). Polda Sumatera Selatan bersama BPH Migas mengamankan barang bukti Bahan Bakar Minyak (BBM) solar oplosan sebanyak 108 ton, enam truk tangki pengangkut solar Industri dan barang bukti lainnya serta  menangkap enam orang tersangka yang merupakan pekerja yang melakukan pengoplosan solar industri dicampur minyak mentah ilegal. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Ilustrasi Bahan Bakar Solar (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta -

Tempat pembuangan akhir (TPA) di Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, digerebek Kodim 0503 Jakarta Barat terkait dugaan penimbunan solar. Kasus tersebut dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Barat dan masih dalam penyelidikan.

Kanit Krimsus Polres Metro Jakarta Barat AKP Fahmi Fiandri mengatakan pihaknya telah mendatangi lokasi. Namun polisi belum menemukan barang bukti adanya solar yang ditimbun.

"Tim sudah mendatangi TKP. Hasil ditemukan memang beberapa mobil yang mungkin diduga ada menyimpan, namun tim tidak ada menemukan adanya BBM, dalam artian kondisi kosong," kata Fahmi saat dihubungi, Kamis (31/3/2022).

Satu orang pelaku berinisial BM juga telah dimintai keterangan. BM mengaku sebagai bandar di tempat tersebut. Polisi belum menetapkan BM sebagai tersangka di kasus tersebut.

"Kita masih proses penyelidikan. Belum ada penetapan tersangka," jelas Fahmi.

Lebih lanjut Fahmi mengatakan proses penyelidikan saat ini masih berlangsung. Pihak kepolisian bakal berkoordinasi dengan BPH Migas dalam mengungkap indikasi adanya penimbunan solar di lokasi.

"Rencana ke depan kita akan melakukan atau meminta keterangan saksi-saksi yang mengamankan atau petugas yang pada saat di lapangan pertama kali biar dengan fakta-fakta di lapangan. Terus selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan BPH Migas terkait kasus ini," katanya.

Digerebek Kodim 0503 Jakarta Barat

Kodim 0503 Jakarta Barat melakukan penggerebekan ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. Lokasi itu diduga dijadikan tempat penimbunan solar.

Dandim 0503 Jakarta Barat Lekol Kav I Made Yudhiksa mengatakan penggerebekan itu dilakukan pada Rabu (30/3) siang. Kasus itu terungkap dari kecurigaan jajarannya yang melihat kerap adanya sebuah truk tangki bahan bakar minyak (BBM) berada di lokasi.

"Ini kan lokasinya di tempat pembuangan sampah satu kampung terus ada mobil boks di situ. Kemudian ada mobil tangki di situ. Setelah diamati kok di situ mobil boks ini kelihatan memindahkan sesuatu, memindahkan BBM ke mobil tangki," kata Made saat dihubungi.

Setelah melalukan pengawasan beberapa hari, Made dan jajarannya lalu mendatangi lokasi pada Rabu (30/3) siang. Di lokasi itu, kecurigaan pihaknya terkait aktivitas mobil boks dan mobil tangki itu pun terungkap.

"Kalau di lapangan untuk barang bukti ada tiga truk boks yang sudah dimodifikasi yang dalamnya itu ada tangki yang kapasitasnya 4 ton dan ada dua mobil tangki," jelas Made.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT