ADVERTISEMENT

KPK Kembangkan Program Pendidikan Politik Cerdas, Undang 20 Ketum-Sekjen

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 12:13 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri
Firli Bahuri (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri menyebut KPK akan mengembangkan program pendidikan politik cerdas bagi partai politik. KPK akan mengundang 20 ketua umum hingga sekretaris jenderal partai politik (parpol).

"Yang berikutnya ada program politik cerdas berintegritas, kami laporkan kepada forum ini, bahwa KPK tahun 2022 akan mengembangkan pendidikan politik cerdas dan berintegritas. Yang kami akan sasar sebanyak 20 partai politik yang sudah terdaftar di KPU," kata Firli Bahuri dalam rapat dengar pendapat Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

KPK akan membagi kegiatan pendidikan politik ini dalam 21 gelombang. Gelombang pertama akan mengundang ketum hingga sekjen parpol.

"Batch pertama akan menghadirkan ketua umum partai, sekjen, bendahara umum partai," ujar Firli.

Dua puluh gelombang berikutnya akan dilaksanakan di masing-masing partai politik. Firli menjelaskan alasan KPK menggelar pendidikan politik cerdas bagi partai politik.

"Kenapa KPK konsentrasi terhadap pendidikan politik cerdas dan berintegritas? Latar belakangnya pertama adalah partai politik menentukan masa depan bangsa," katanya.

Alasan selanjutnya adalah partai politik menghasilkan para pemimpin bangsa, mulai dari desa, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

"Ketiga, partai politik juga memiliki andil besar dalam menyusun regulasi, apakah itu perda, perkada, atau pun UU," imbuhnya.

(rfs/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT