Singgung Hukuman Mati, Anggota DPR Minta KPK Selidiki Alur Minyak Goreng

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 11:45 WIB
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman meminta Ketua KPK Firli Bahuri mengirim tim untuk menyelidiki alur produksi minyak goreng. Habiburokhman meminta Firli tak ragu melakukan penyelidikan.

"Soal minyak goreng ini Pak dibahas di banyak sekali komisi ya di VI di XI tapi yang jelas ada ketidaknormalan dan pasti ada penyimpangan hukum pasti juga ada melibatkan penyelenggara negara," kata Habiburokhman dalam rapat dengar pendapat Komisi III, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

"Dampaknya sudah kita lihat bukan hanya merugikan negara tapi secara langsung merugikan rakyat," imbuhnya.

Legislator Dapil Jakarta Timur ini ingin KPK memimpin pengusutan soal minyak goreng. Oleh sebab itu, Habiburokhman meminta Firli yang hadir langsung dalam rapat untuk mengirim tim penyelidik.

"Kami berharap KPK leading di depan dalam pengusutan kasus ini. Kita minta KPK mengirim tim penyelidik untuk ikuti alur produksi minyak goreng dari awal sampai distribusi," ujar Firli.

"Saya yakin bisa segera ditangkap pelakunya. Jangan ragu, Pak," katanya.

Pelaku penyelewengan minyak goreng, menurut Habiburokhman, dapat diancam hukum mati. Sebab, hal itu dilakukan dalam masa krisis masyarakat.

"Ini Pak kalau korupsi di sektor ini saya pikir memenuhi kualifikasi untuk dituntut hukuman mati. Karena bukan saja terjadi di saat negara sedang krisis, mereka ini menyebabkan negara mengalami krisis begitu, Pak," imbuhnya.

(rfs/gbr)