ADVERTISEMENT

Bupati Serang: MTQ Harus Jadi Ajang Pengamalan Al-Qur'an

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 14:03 WIB
Pemkab Serang
Foto: Dok. Pemkab Serang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Serang menggelar Musabaqah Tilawatil Quran ke-52 di Hotel Marbella Anyer, pada 28-30 Maret 2022. Dalam acara ini, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berpesan agar MTQ tetap menjadi ajang untuk memperkuat umat dalam mengamalkan Al-Qur'an.

"Al-Qur'an berisi nilai keimanan dan ketaqwaan, sumber ilmu pengetahuan, falsafah hidup, pesan moral yang luhur. Maka MTQ harus jadi ajang pengamalan Al-Qur'an, agar kita semua bisa bahagia dunia dan akhirat," kata Tatu dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022).

Selain itu, Tatu menyampaikan MTQ juga harus menjadi ajang silaturahmi bagi umat Islam sekaligus untuk memperkuat persatuan, dan sebagai wadah dakwah Islam.

"Saat penyelenggaraan MTQ, ulama dan umara atau pemerintah bersatu menciptakan dan menguatkan generasi Islami," ujarnya.

Tatu juga berpesan agar para dewan hakim dapat menjalankan kewajiban secara profesional. Dengan demikian, pemenang terpilih nantinya akan mampu mewakili Kabupaten Serang di tingkat MTQ Provinsi Banten dengan baik. "Agar kegiatan kita juga maslahat atau bermanfaat bagi umat. Kita harus mempersiapkan diri untuk bisa meraih juara umum pada MTQ tingkat Provinsi Banten," ungkapnya.

Di kesempatan ini, Pemkab Serang juga memberikan program beasiswa bagi para penghafal Al-Qur'an. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan generasi Islami dan mendukung pendidikan untuk pondok pesantren. Selain itu, beasiswa ini juga merupakan pemberian dana hibah untuk pembinaan para qari dan qariah.

"Dalam proses pembangunan, pendidikan keagamaan adalah landasan dasar yang harus kita jalankan bersama," katanya.

Semantara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menjelaskan pelaksanaan MTQ di setiap daerah saat ini digelar sederhana. Hal ini mengingat pandemi COVID-19 masih terjadi di Indonesia. "Namun di dalamnya, untuk menguatkan syiar Islam. Dalam pelaksanaannya pula, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan," paparnya.

Andika berharap peserta MTQ Kabupaten Serang mampu berprestasi di tingkat provinsi sehingga dapat merebut kembali juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten, yang saat ini masih dipegang oleh Kota Tangerang Selatan.

"Saya optimistis, Kabupaten Serang bisa merebut juara umum tingkat provinsi. Apalagi pembinaan yang dilakukan Ibu Bupati Serang sangat luar biasa," pungkasnya.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT