Aminullah Ajak Perbankan Aceh Bantu Dunia Usaha

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 27 Mar 2022 15:07 WIB
Pemkot Aceh
Foto: Pemkot Aceh
Jakarta -

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman membuka secara resmi Meugah Festival 2022. Acara yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Aceh itu berlangsung di Lapangan Blang Padang, Minggu (27/3/2022).

Acara bertema 'Membangun Ekosistem Keuangan Digital Aceh' tersebut merupakan rangkaian kegiatan nasional yang diselenggarakan BI dalam rangka mendorong akselerasi digitalitasi ekonomi dan keuangan di Indonesia. Meugah Festival diikuti seluruh Perbankan/PJSP di Aceh dan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain showcasing UMKM dan bazaar kuliner, edukasi cinta bangga dan paham rupiah, literasi keuangan, dan launching komunitas Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Dalam sambutannya, Aminullah mengapresiasi langkah-langkah BI dalam rangka membangkitkan perekonomian Banda Aceh, begitu pula Provinsi Aceh di era digital.

"Seperti acara Meugah Festival yang merupakan langkah pasti dalam memajukan perekonomian daerah," kata Aminullah dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (27/3/2022).

"Bisa kita buktikan, setelah pada 2020 perekonomian Banda Aceh sempat minus, dan atas upaya berbagai pihak termasuk BI, pada 2021 ekonomi kota mampu tumbuh 5,35 persen. Ini bukan hanya kerja wali kota, tapi juga perbankan, UMKM, masyarakat, dan seluruh stakeholder," lanjut Aminullah.

Menurut mantan Dirut Bank Aceh ini, bangkitnya sektor UMKM memberi sumbangan terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Banda Aceh.

"UMKM kota tumbuh pesat sedari 8.900 unit usaha di 2017 menjadi 17 ribu lebih pada tahun ini, atau naik sekira 92 persen. Mudah-mudahan bisa terus tumbuh seiring dengan meredanya pandemi COVID-19," papar Aminullah.

Aminullah menyatakan pihaknya pun sangat serius dalam membangun dan membantu dunia UMKM.

"Ruang-ruang publik untuk etalase produk-produk UMKM terus kita buka seperti di Pasar Al-Mahirah, kawasan Ulee Lheue, dan Blang Padang. Kita harapkan event-event serupa seperti ini bisa terus kita gelar guna mendongkrak UMKM dan memberikan multiplier effect bagi Banda Aceh," tutur Aminullah.

Di tempat yang sama, Kepala BI Perwakilan Aceh Achris Sarwani mengatakan Meugah Festival 2022 dimeriahkan oleh 50 booth pameran perwakilan dari 342 UMKM se-Aceh.

"Di sini, kita juga menggalakkan transaksi keuangan dengan menggunakan QRIS sebagai bagian dari upaya men-digitalkan Aceh. Sesuai dengan tema acara, BI pun komit bersinergi dengan pemerintah, perbankan, pelaku usaha, komunitas, dan masyarakat umum guna mewujudkan Aceh digital," ungkap Achris.

Ia mengulas saat ini pengguna QRIS sudah mencapai 75 ribu merchant se-Aceh, dan 36 persennya ada di Banda Aceh. Nominal transaksi keuangan via QRIS juga terus meningkat. Achris menyebut QRIS diminati karena mudah digunakan dan gratis layanannya.

" Jika pada akhir 2020 kurang dari Rp 2 miliar, selama 2021 kemarin meningkat 12 kali lipat. Angkanya mencapai Rp 27 miliar dalam satu tahun terakhir," papar Achris.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak perbankan yang telah menyukseskan kampanye QRIS dan pelaku UMKM dan masyarakat yang telah menggunakannya," ujar Achris.

Pembukaan Meugah Festival 2022 ditandai dengan prosesi scan barcode QRIS dan penyerahan pamflet QRIS kepada perwakilan pemerintahan, TNI, pelaku sektor pariwisata, dan lembaga pendidikan oleh Wali Kota Aminullah. Saat meninjau stand pameran, wali kota turut memborong sejumlah produk UMKM dan membayar menggunakan QRIS.

Simak juga 'Momen Pemusnahan 13.000 Batang Ganja di Aceh Besar':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)