ADVERTISEMENT

Bicara RI Mulai Ekonomi Hijau, Jokowi Singgung yang Suka Impor

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2022 18:11 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berbicara tentang impor-ekspor barang di Indonesia. Jokowi ingin Indonesia menjadi negara industri yang berwawasan lingkungan.

"Kita harus menjadi negara ekonomi kuat dan mandiri, karena itu juga kita telah memulai proses transformasi ekonomi secara besar-besaran," kata Jokowi, yang hadir virtual dalam acara pengukuhan dan pelantikan PA GMNI di The Hotel Sultan & Residence, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2022).

"Mengubah jati diri sebagai negara pengekspor bahan mentah menjadi negara industri yang tangguh dan berwawasan lingkungan, dan sekaligus membuka lapangan pekerjaan yang besar di negara kita Indonesia," imbuhnya.

Revitalisasi industri, menurut Jokowi, harus berkesadaran lingkungan. Sebab, dunia menghadapi ancaman perubahan iklim yang akan berdampak besar pada kehidupan seluruh warga.

Menurut Jokowi, harus ada keseimbangan antara aspek kesejahteraan dan aspek lingkungan dengan penerapan ekonomi hijau secara konsisten dan berkelanjutan.

"Ini tentu tidak menyenangkan bagi yang suka impor-impor karena semuanya dibuat di Indonesia. Ini juga pasti mengganggu negara lain yang merasa Indonesia tidak menjadi pasar yang menguntungkan bagi produk-produk mereka," ujarnya.

Sikap Indonesia jelas, kata Jokowi, terbuka kerja sama dengan siapa pun, negara mana pun, sepanjang kerja sama yang setara dan tidak bertentangan dengan kepentingan nasional untuk kemakmuran masyarakat.

"Transformasi bangsa membutuhkan dukungan dari seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali membutuhkan kesamaan visi, kesamaan frekuensi, membutuhkan persatuan kesatuan, dan kolaborasi tanpa itu semua mustahil cita-cita besar itu dapat tercapai," imbuhnya.

(rfs/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT