detikcom Do Your Magic

Anggarkan Rp 5,9 M, Jl Perancis Kota Tangerang Segera Diperbaiki

Nahda Rizky Utami - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2022 14:35 WIB
Jl Raya Perancis yang masuk wilayah Kota Tangerang masih rusak. 31 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jl Raya Perancis yang masuk wilayah Kota Tangerang masih rusak. 31 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan memperbaiki Jl Raya Perancis di wilayah Kota Tangerang yang rusak. Pemkot Tangerang menganggarkan Rp 5,9 M untuk perbaikan jalan.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono menjelaskan perbaikan Jl Raya Perancis akan dilakukan pada tahun ini. Perbaikan jalan akan dilakukan dengan pembetonan.

"Tahun ini akan kita kerjakan dengan pembetonan," kata Ruta saat dihubungi, Sabtu (26/3/2022).

Ruta mengatakan Pemkot Tangerang menganggarkan Rp 5,9 miliar untuk perbaikan Jl Raya Perancis. Anggaran itu dikeluarkan untuk memperbaiki 550 meter Jl Raya Perancis.

"Untuk Perancis, sekitar Rp 5,9 M untuk kurang-lebih 550 meter," jelas Ruta.

Sebelumnya, Perbaikan kerusakan Jl Raya Perancis di Kabupaten Tangerang, Banten, memang sudah selesai dilakukan, namun ada pula Jl Raya Perancis di wilayah Kota Tangerang. Ruas Jl Perancis di wilayah Kota Tangerang masih hancur.

Pantauan di Jl Raya Perancis yang masuk wilayah Kota Tangerang, tepatnya menjelang Jl Perimeter Utara arah Bandara Soekarno-Hatta, 12 Desember 2021, tampak jalan ini masih retak-retak cenderung ke kondisi hancur.

Material permukaan jalan di sini adalah beton. Truk-truk senantiasa melindas permukaan jalan ini, tanpa henti. Berkendara dengan sepeda motor tak nyaman dan tak aman rasanya bila melaju di permukaan jalan ini.

Jl Raya Perancis yang masuk wilayah Kota Tangerang masih rusak. 31 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Jl Raya Perancis yang masuk wilayah Kota Tangerang masih rusak. 31 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Selain itu, lubang dan retakan jalan tersebut membuat kendaraan, terutama roda dua, yang melintasi jalan tersebut harus berhati-hati. Selain itu, kerusakan jalan tersebut menimbulkan debu yang beterbangan dan membuat pandangan mata pengendara terganggu.

Anton, salah satu warga setempat, mengatakan perbaikan Jl Perancis hanya diselesaikan di area Kabupaten Tangerang.

"Ini jalannya cuman setengah doang yang dibagusin, setengah laginya di Jl Perimeter masih hancur ini," jelasnya saat ditemui oleh detikcom.

Ia pun mengaku banyak kecelakaan yang terjadi melibatkan kendaraan roda empat dan roda dua.

"Banyak yang jatuh juga di sini pas lagi mau menghindar, ada juga yang sempat terlindas juga di sini. Pokoknya rawan banget di sini," terangnya.

Dia pun berharap Pemkot Tangerang melakukan perbaikan terhadap jalan tersebut.

"Harapan kita cuma satu, ini jalan separuhnya lagi semoga dibenerin oleh pemerintah. Udah, itu aja," jelasnya.

(dnu/dnu)