Ketua JoMan: BUMN Dalih Pencopotan Saya Rekomendasi Istana

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 16:00 WIB
Ketua JoMan Immanuel Ebenezer (Wildan-detikcom)
Ketua JoMan Immanuel Ebenezer (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Ketua Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau Noel menduga ada alasan dendam dari lingkaran Istana Presiden di balik pencopotan dirinya dari jabatannya sebagai Komisaris Utama. Noel menyatakan sudah mengantongi identitas mereka.

"Saya tahu semua di lapangan siapa, aktornya siapa, saya tahu semua," kata Noel di PT Mega Eltra, Kamis (24/3/2022).

Namun Noel masih enggan merinci identitas para pelaku yang menyebabkan jabatannya di anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia (persero) dicabut.

Noel mengatakan pencopotannya ini diinisiasi oleh lingkaran Istana. Bahkan mereka juga dalang di balik beberapa serangkaian peristiwa lainnya.

"Info yang saya dapat seperti itu. Karena BUMN alasannya rekomendasi pencopotan saya ini direkomendasikan dari istana," kata dia.

"Orang itu yang pasti. Karena narasi dan demo-demo di BUMN sampai mau ke gereja saya. Mereka teriak-teriak terorisme, tapi perilaku mereka kayak teroris. Kantor saya apa urusannya sama ini, ke rumah dan gereja saya, kok diteror. Bahaya banget orang-orang itu," imbuhnya.

Noel mengatakan akan membongkar dalang di balik pencopotannya tersebut.

"Saya akan membongkar semua kejadian dan aib ini. Saya bisa identifikasi arahnya ke mana. Kan saya punya teman di istana. Saya bukan orang di luar istana, saya pendukungnya presiden. Bukan pendukung menteri," kata dia.

Noel juga menegaskan, meskipun dicopot dari jabatannya, dia tidak akan bungkam. Dia menegaskan akan terus mengungkap hal tersebut.

"Saya tidak tunduk dan saya tidak mati saya tetap berdiri dan tetap mengepalkan tangan saya, karena saya bukan orang yang ketika ditekan tunduk, ketika dicopot saya mati. Tidak, saya akan bangkit dengan kepalan tangan saya," kata dia.

"Karena saya tidak akan pernah bisa dibungkam dengan hal murahan seperti ini," pungkasnya.

Pertimbangkan Langkah Hukum

Noel juga mengaku akan menempuh jalur hukum terkait pencopotan tersebut. Namun dia belum menjelaskan langkah hukum apa yang akan diambil.

"Kawan-kawan Jokowi Mania akan melakukan langkah hukum di PTUN kemungkinan. Tapi coba saya pertimbangkan lagi," kata Noel.

Dia mengaku saat ini masih meminta surat pemberhentian dirinya. Dia mengatakan surat tersebut sangat penting.

"Itu biar nanti kawan-kawan tim hukum kita, karena aku gak terlalu paham soal hukum itu sendiri. Saya gak berani menjawab, takut salah. Kan malu kalau salah. Mungkin nanti tim hukum, karena saya lagi minta suratnya surat pemberhentian saya itu, karena itu penting sekali buat saya," ujarnya.

(dwia/zak)