ADVERTISEMENT

Kemenkes Bicara Kemungkinan PPKM Jabodetabek Jadi Level 1 Besok

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 22:50 WIB
Jakarta -

Wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) masih menyandang status PPKM Level 2. Juru Bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi berbicara kemungkinan status PPKM di wilayah Jabodetabek akan turun menjadi level 1 besok.

"Iya, sangat mungkin," ujar Nadia saat dimintai konfirmasi, Minggu (20/3/2022).

Namun, Nadia menyebut penurunan level itu harus sejalan dengan indikator capaian vaksin di wilayah tersebut. Pasalnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu wilayah akan menurunkan status level PPKM-nya.

"Iya kita lihat nanti indikator terkait PPKM-nya. (Karena) ada indikator vaksinasi yang harus dicapai kabupaten/kota," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, PPKM Jawa-Bali dilanjutkan. Berdasarkan Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2022, Jabodetabek masih berada di level 2.

Secara nasional, tren kasus COVID-19 mulai menurun sejak melewati puncak kasus mingguan di pertengahan Februari dengan catatan 400 ribu kasus sepekan. Berikut ketentuan terbaru PPKM di Jabodetabek sepekan ke depan, yang kembali berada di level 2.

Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri, Safrizal menyebut kondisi pandemi di Indonesia telah membaik. Mulai menggeliat ekonomi-ekonomi masyarakat.

"Dari evaluasi yang dilaksanakan kepada pemerintah daerah menunjukkan bahwa penanggulangan covid19 di Indonesia memperlihatkan trend yang terus membaik dengan adanya penurunan jumlah kasus harian, serta mulai menggeliatnya roda perekonomian di berbagai wilayah melalui kebijakan relaksasi yang diterapkan oleh pemerintah," kata Safrizal dalam keterangannya, Selasa (15/3).

(ain/drg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT