Haris Azhar-Fatia Siap Penuhi Pemeriksaan Tersangka di Kasus 'Lord Luhut'

ADVERTISEMENT

Haris Azhar-Fatia Siap Penuhi Pemeriksaan Tersangka di Kasus 'Lord Luhut'

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 15:12 WIB
Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti sedianya menjalani mediasi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan soal kasus dugaan pencemaran nama baik. Tetapi, mediasi batal digelar hari ini.
Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti (Andhika Prasetia/detikcom)


Haris-Fatia Jadi Tersangka

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan membenarkan bahwa Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti telah ditetapkan sebagai tersangka di kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Luhut.

"Iya benar, Haris dan Fatia telah menjadi tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/3/2022).

Zulpan menambahkan, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti bakal segera diperiksa sebagai tersangka dalam waktu dekat.

"Hari Senin (21/3) kita lakukan pemeriksaan sebagai tersangka," katanya.

Zulpan mengatakan pihaknya telah mengantongi minimal dua alat bukti dalam penetapan tersangka Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Salah satu alat bukti tersebut merupakan konten YouTube dari Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

Konten tersebut diketahui memuat percakapan keduanya yang menyinggung bahwa Luhut memiliki kepentingan di bisnis tambang di Papua. Konten YouTube itu pula yang menjadi dasar laporan Luhut kepada Haris Azhar daan Fatia Maulidiyanti.

"Konten (YouTube) itu kan jadi alat bukti bagi penyidik. Pertama betul nggak konten itu milik dia. Kedua betul nggak pembuatan konten itu ada pelanggaran terkait UU ITE atau pencemaran nama baik. Itu tentunya yang digali penyidik dan digunakan penyidik dalam penetapan tersangka," jelas Zulpan.


(mea/bar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT