Polisi: Penentuan Haris-Fatia Ditahan di Kasus Luhut Kewenangan Penyidik

ADVERTISEMENT

Polisi: Penentuan Haris-Fatia Ditahan di Kasus Luhut Kewenangan Penyidik

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 10:49 WIB
Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti sedianya menjalani mediasi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan soal kasus dugaan pencemaran nama baik. Tetapi, mediasi batal digelar hari ini.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menetapkan Direktur Lokataru, Haris Azhar, dan Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti, sebagai tersangka pencemaran nama baik Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Hingga saat ini keduanya belum dilakukan penahanan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan penahanan kepada Haris dan Fatia ditentukan dari hasil pemeriksaan keduanya sebagai tersangka. Rencananya pemeriksaan sebagai tersangka itu akan dilakukan pada awal pekan depan.

"Penahanan belum, kan nanti habis diperiksa dulu kan sebagai tersangka. Nanti gimana keputusan penyidik itu menggunakan beberapa pertimbangan, kan," kata Zulpan saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/3/2022).

"(Soal penahanan Haris dan Fatia) itu keputusan dari penyidik dari pemeriksaan hari Senin nanti," sambungnya.

Zulpan mengatakan penyidik telah melakukan proses penyidikan sesuai prosedur sebelum menetapkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti sebagai tersangka. Minimal dua alat bukti untuk penetapan tersangka pun telah dikantongi penyidik.

Salah satu bukti yang digunakan penyidik dalam penetapan tersangka Haris dan Fatia adalah konten YouTube keduanya. Dalam konten itu Haris dan Fatia menyinggung soal keterlibatan Luhut Binsar Pandjaitan dalam bisnis tambang di Papua.

"Konten itu kan jadi alat bukti kan itu kan alat bukti bagi penyidik. Pertama, betul nggak konten itu milik dia. Kedua, betul nggak pembuatan konten itu ada pelanggaran terkait UU ITE atau pencemaran nama baik. Itu tentunya yang digali penyidik dan digunakan penyidik dalam penetapan tersangka," jelas Zulpan.


Haris Azhar-Fatia Bakal Gelar Konpers Siang Ini

Pihak Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti pun telah angkat bicara soal penetapan tersangka yang diterima mereka. Fatia mengaku bakal menjelaskan status kasus tersebut pada hari ini.

"Iya," singkat Fatia saat dihubungi detikcom, Jumat (18/3/2022). Fatia membenarkan kabar dirinya dan Haris Azhar telah ditetapkan sebagai tersangka.

Fatia belum menjawab lebih lanjut soal sejak kapan dia dan Haris ditetapkan tersangka. Pihaknya akan menggelar konferensi pers terkait hal ini, Sabtu (19/3) besok.

"Besok lagi ya dijelasinnya," singkatnya.

Terpisah, kuasa hukum Fatia Maulidiyanti dari LBH Jakarta, Neslon Nikodemus Simamora, juga mengatakan pihaknya akan memberikan penjelasan resmi hari ini dalam konferensi pers.

"Kami akan jelaskan besok (hari ini) secara resmi lewat konferensi pers," kata Nelson.

Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya terkait pencemaran nama baik. Luhut melaporkan keduanya setelah tidak terima dituding memiliki bisnis tambang di Papua.

Ada tiga dugaan pelanggaran pidana yang dilaporkan Luhut ke polisi. Dugaan pelanggaran itu dari UU ITE hingga penyebaran berita bohong yang diatur dalam Pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 UU ITE Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP.

Simak juga Video: Luhut Segera Layangkan Gugatan Perdata Rp 100 Miliar ke Haris-Fatia

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT