Warga Bojong Koneng Geruduk DPRD Bogor, Tuntut Sertifikasi Lahan Dilanjut

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 18 Mar 2022 14:44 WIB
Sejumlah warga Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor mendatangi DPRD Kabupaten Bogor agar program sertifikasi lahan permukiman dilanjutkan. (Rizky AM/detikcom)
Sejumlah warga Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, mendatangi DPRD Kabupaten Bogor agar program sertifikasi lahan permukiman dilanjutkan. (Rizky AM/detikcom)
Bogor -

Sejumlah warga Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), mendatangi gedung DPRD Kabupaten Bogor. Mereka datang menyampaikan tuntutannya agar program sertifikasi lahan permukiman dilanjutkan.

"Penyampaian aspirasi masyarakat Desa Bojong Koneng murni untuk dilanjutkan proses sertifikasi tanah yang diduduki oleh permukiman warga," kata korlap aksi, Ace Saripudin, di depan gedung DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (18/3/2022).

Acep mengatakan pihaknya tidak diberi ruang audiensi pada saat kunjungan Komisi III DPR ke Desa Bojong Koneng pada Kamis (17/3) kemarin. Mereka khawatir proses sertifikasi lahan permukiman warga terganggu.

"Saya dan rekan-rekan sempat datang, tetapi tidak diberi waktu. Sekarang datang menyampaikan secara langsung, karena kemarin itu seolah-olah tidak disapa. Secara langsung masyarakat kecil kecewa, yang disapa adalah segelintir orang dan petani berdasi," terangnya.

Pantauan detikcom di lokasi, warga datang membawa mobil komando. Mereka juga membawa beberapa poster terkait tuntutannya tersebut.

Warga menggelar orasi sejak pukul 13.00 WIB. Tak lama, warga dipersilakan memasuki gedung DPRD Kabupaten Bogor untuk melakukan audiensi.

Sejumlah petugas kepolisian dan Satpol PP turut menjaga aksi tersebut. Petugas berjaga di luar dan di dalam halaman gedung DPRD.

Komisi III Kunjungi Bojong Koneng

Sebelumnya, rombongan Komisi III DPR RI menyerap aspirasi warga Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Beberapa perwakilan warga pun menceritakan terkait permasalahan konflik lahan dengan Sentul City.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.