Anjangsana Komisi Hukum DPR ke Bogor Bahas Sentul City Vs Warga

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 22:02 WIB
Ade Emon curhat ke Anggota Komisi III DPR soal konflik lahan dengan Sentul City (Rizky-detikcom)
Foto: Ade Emon curhat ke Anggota Komisi III DPR soal konflik lahan dengan Sentul City (Rizky-detikcom)
Bogor -

Rombongan Komisi III DPR bertemu dengan warga Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, guna membahas terkait sengketa lahan Sentul City. Sejumlah warga memanfaatkan momen ini untuk curhat.

Terlihat Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir turut hadir. Dia datang bersama sejumlah anggota Komisi III lainnya. Pertemuan berlangsung pada pukul 10.50 WIB.

Adies Kadir berkenalan dengan sejumlah perwakilan warga yang hadir. Adies turut menyampaikan tujuannya datang kepada perwakilan warga tersebut.

"(Tujuan kami) untuk mendapatkan data dan informasi terkait sengketa tanah di Bojong Koneng dan Cijayanti. Untuk melihat langsung bagaimana persoalan yang terjadi," kata Adies Kadir kepada perwakilan warga.

Warga Curhat

Beberapa perwakilan warga pun menceritakan terkait permasalahan konflik lahan dengan Sentul City. Salah satu warga bernama Ato Khairuddin menyampaikan ketakutannya apabila lahannya digusur.

"Kami sebagai masyarakat Bojong Koneng merasa bingung harus gimana. Kami tinggal di kampung takut mengalami hal-hal yang sudah didozer. Tanah kami juga takut kedozer, Pak," kata Ato kepada Komisi III DPR RI di Bojong Koneng, Kamis (17/3/2022).

Warga lainnya bernama Irfan menyampaikan kekhawatiran kerusakan lingkungan yang terjadi di Bojong Koneng. Dia mengatakan bahwa tanah di depan rumahnya sudah mulai digusur.

"Saya mau menekankan masalah lingkungan, dampak lingkungan tentang bagaimana bisa pembabatan hutan ini nggak ada yang peduli hutan masyarakat di sini semua, tumbuh-tumbuhan, pohon jati. Depan rumah saya itu lapangan tembak semua udah gundul, rumah saya pas di pinggir jurang, sekarang sudah mulai didozer di situ," katanya.

Selengkapnya di halaman berikutnya