ADVERTISEMENT

Melihat Fosil Gajah Purba Raksasa Berusia 2 Juta Tahun di Sumedang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 14:46 WIB
Fosil gigi Stegodon di Sumedang
Fosil gigi Stegodon di Sumedang. (Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Sejumlah fosil gajah purba atau stegodon tersimpan dalam sebuah etalase di kantor Kepala Bidang Kebudayaan, Disparbudpora Sumedang, Jawa Barat. Fosil itu diperkirakan berusia 2 juta tahun.

Dilansir detikJabar, Kamis (17/3/2022), salah satunya bagian rahang atau gigi geraham stegodon. Selain itu, di sana tersimpan fosil tulang belulang stegodon yang berjumlah 8 kepingan berbagai ukuran.

Kemudian satu fosil tanduk binatang purba dan satu fosil hewan laut purba berupa kerang moluska. Fosil-fosil itu ditemukan pada 2021.

Fosil gigi geraham stegodon sendiri berukuran kurang-lebih sebesar kepala kambing yang telah terbalut batuan. Gigi geraham itu bersusun seperti 5 baris gigi secara berbanjar.

Kepala Bidang Kebudayaan dari Disparbudpora Sumedang Budi Akbar menjelaskan fosil rahang atau gigi geraham gajah purba atau stegodon ini, menurut para peneliti dari Balai Arkeolog, merupakan peninggalan purbakala 1,5-2 juta tahun yang lalu.

"Makanya sebagiannya (gigi geraham) sudah terbungkus batu padahal itu tadinya tanah namun karena proses jutaan tahun, tanah itu pun mengeras menjadi batu," ungkap Budi dengan didampingi Pamong Budaya dari Bidang Kebudayaan, Suhadi kepada detikJabar, belum lama ini.

Selengkapnya baca di sini.

(idh/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT