Terungkap Skandal Suap Puluhan Juta Kasus Mafia Bola di Liga 3

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 12:01 WIB
Polda Jatim merilis kasus suap Liga 3
Polda Jatim merilis kasus suap Liga 3. (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 5 orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus mafia bola pengaturan skor Liga 3 Zona Jatim. Dari 5 tersangka itu, 4 orang telah ditahan, sedangkan 1 tersangka berstatus daftar pencarian orang (DPO).

Keempat tersangka yang telah ditahan adalah Bambang Suryo (55), Dimas Yopi Perwira Nusantara (33), Ferry Afrianto (47), dan Imam Arif Hura (42). Sedangkan satu tersangka yang berstatus DPO adalah Heri Pras (33).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto mengatakan kasus pengaturan skor ini terjadi pada pertandingan Gresik Putra FC vs NZR Sumbersari dan Gresik Putra vs Persema. Laga ini terjadi pada 14 dan 15 November 2021.

"Ditreskrimum Polda Jatim berhasil mengungkap kejadian mafia bola, tindak pidana suap pada pertandingan Liga 3 Jatim di Malang antara Gresik Putra FC melawan NZR Sumbersari dan Gresik Putra melawan Persema Malang, pada 14 dan 15 November 2021 di Kota Malang," kata Dirmanto, dilansir dari detikJatim, Kamis (17/3/2022).

Dirkrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto mengungkapkan modus yang digunakan pada kasus pengaturan skor ini. Adapun modus yang dipakai adalah iming-iming sejumlah uang dan meminta para pemain mengalah pada pertandingan yang diminta.

Totok mengatakan kasus ini bermula saat Dimas Yopi dan Heri Pras yang menghubungi Bambang Suryo. Kedua tersangka (Dimas dan Heri) ini, lanjut Totok, meminta pertandingan antara Gresik Putra Paranane FA dengan Persema Malang saat bertemu di Liga 3 Zona Jatim dikondisikan dengan imbalan Rp 70 juta.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan Video 'Klaim Ketum PSSI Berang Akibat Buruknya Kualitas Wasit Liga 3':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/idh)