ADVERTISEMENT

Irjen Napoleon Tak Kunjung Dihadirkan di Sidang, Hakim Tegur Jaksa

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 12:17 WIB
Sidang Irjen Napoleon Kasus Penganiayaan M Kace
Sidang Irjen Napoleon Kasus Penganiayaan M Kace (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Mantan Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte menghadiri sidang dakwaan kasus penganiayaan M Kace secara virtual di PN Jaksel. Namun, Napoleon tidak tampak di layar pengadilan, hakim pun menegur jaksa.

"Jadi begini kita sudah tetapkan jam 10.00 WIB, kami di ruang sidang ini juga masih dipakai untuk sidang-sidang lain, dan kami juga banyak sidang," kata hakim ketua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (17/3/2022).

Hakim mewanti-wanti jaksa penuntut umum untuk segera memeriksa sambungan komunikasi di tempat Napoleon ditahan. Sekadar diketahui, terdakwa dalam kasus ini dihadirkan secara virtual. Pada layar yang tersedia di ruang sidang belum tampak wajah Napoleon.

"Jadi kita tunggu 5 menit lagi, kalau Saudara belum siap menghadirkan terdakwa, majelis akan tunda," kata hakim.

Majelis hakim memperingatkan jaksa untuk memperhatikan hal-hal seperti, dari persiapan ataupun saat pelaksanaannya. Apalagi, kata hakim, kasus ini menyita perhatian publik.

"Tolong hal seperti ini diperhatikan, perkara ini kan perkara yang menyita perhatian masyarakat, tentu penetapan sidang-sidang sudah kita berikan jauh-jauh hari, persiapan ini dalam konteks menghadirkan secara daring harusnya dipersiapkan," kata hakim.

Hakim mengatakan jangan sampai publik menunggu dan menanti berjam-jam untuk kasus ini. Menurut hakim, mundurnya jadwal persidangan ini akan berimbas ke pengadilan juga.

"Nanti pengadilan yang kena imbas sampai publik menunggu berjam-jam sidang belum dimulai. Jadi tolong ya, 5 menit Saudara belum bisa menghadirkan terdakwa, sidang kita tunda nanti kita akan tentukan hari sidangnya," ujar hakim.

Sementara itu, jaksa penuntut umum menyebut saat ini pihaknya sedang mempersiapkan kehadiran Irjen Napoleon Bonaparte di layar virtual.

"Sedang persiapan, Yang Mulia," ujar jaksa.

Simak juga 'M Kace Dituntut 10 Tahun Penjara':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT