Proyek Perbaikan Jl Ir Sutami di Lebak Masuk Proses Tender

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Proyek Perbaikan Jl Ir Sutami di Lebak Masuk Proses Tender

Fathul Rizkoh - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 18:51 WIB
Jembatan Viaduct atau Nameng 2 di Kampung Tutul, Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak. (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)
Jembatan Viaduct atau Nameng 2 di Kampung Tutul, Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak. (Fathul Rizkoh/detikcom)
Lebak -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) merencanakan sejumlah perbaikan jalan di tahun ini. Salah satu yang akan diperbaiki adalah kerusakan Jl Ir Sutami di Kabupaten Lebak.

Rencana perbaikan ini diketahui dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) KemenPUPR. Nama tender untuk pengadaan ini adalah Preservasi Jalan Serang-Cikande-Rangkasbitung.

"Sudah masuk (tender), sekarang proses lelang," kata Anggota Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah I Banten atau PPK 1, N Ridwan kepada detikcom dikonfirmasi, Rabu (16/3/2022).

Katanya, rencana itu sudah dibuat pada 9 Maret 2022. Pekerjaan ini menggunakan dana APBN tahun anggaran 2022. Untuk jenis pengadaannya adalah pekerjaan konstruksi.

Nilai pagu paket diketahui sebesar Rp 240.481.324.000,00 yang diperuntukkan bagi tiga ruas jalan, salah satunya ruas jalan Ir Sutami atau Cikande-Rangkasbitung. Ruas jalan yang akan diperbaiki untuk di Kabupaten Lebak, kata Ridwan, sepanjang 6 kilometer dengan lebar 7 meter.

Jembatan Viaduct atau Nameng 2 di Kampung Tutul, Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak. (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)Jembatan Viaduct atau Nameng 2 di Kampung Tutul, Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak. (Fathul Rizkoh/detikcom)

"Pekerjaannya sepanjang 56 kilometer. Mulai dari perempatan Kebon Jahe, Jl Fatah Hasan, Jl Sudirman di Kota Serang, Jl Serang-Tangerang, Jl Cikande-Rangkasbitung di Lebak," tuturnya.

"Wilayah yang masuk Lebak dari Citaras-Malang Negah, batasnya sampai pos polisi Malang Negah. Di Lebak cuma 6 kilometer yang ditangani (tahun ini), jenisnya rehabilitasi," jelasnya.

Lebih lanjut, perbaikan jalan akan dilakukan setelah proses lelang telah selesai. "Jadi sekarang prosesnya masih tender. Belum bisa diperkirakan akan mulai kapan, karena bisa saja gagal tender atau tender ulang. Target kontrak mah setelah lebaran," sambungannya.

Adapun rencana perbaikan, terang Ridwan, jalan tersebut akan dibeton atau diaspal tergantung bagaimana kerusakan pada badan jalan.

Jembatan Viaduct atau Nameng 2 di Kampung Tutul, Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak. (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)Jl Ir Sutami, Lebak, Banten, mengalami kerusakan dan menanti perbaikan. (Fathul Rizkoh/detikcom)

Selain jalan, jembatan Viaduct atau Nameng 2 di Kampung Tutul, Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, juga akan diperbaiki. Lantai jembatan akan diganti menggunakan beton.

"Lagi-lagi karena muatan overload, jadi jembatan sampai rusak. Besinya pada keluar kan. Itu nanti juga diperbaiki, kita beton," pungkasnya.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT