Warga Harap Jl Ir Sutami Lebak Diperbaiki: Malu Lihat Jalan Nasional Rusak

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Warga Harap Jl Ir Sutami Lebak Diperbaiki: Malu Lihat Jalan Nasional Rusak

Fathul Rizkoh - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 14:09 WIB
Jl Ir Sutami di Lebak, Banten, rusak. 16 Maret 2022. (Fathul Rizkoh/detikcom)
Jl Ir Sutami di Lebak, Banten, rusak, 16 Maret 2022. (Fathul Rizkoh/detikcom)
Lebak -

Jl Ir Sutami (Jl Prof Dr Ir Soetami) di Lebak, Banten, sudah rusak. Jalan ini adalah jalan nasional. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki jalan penting ini.

Perbaikan jalan perlu dilakukan secara maksimal sehingga kondisi jalan bisa dilalui dengan nyaman. Soalnya, jalan ini sudah sering ditambal-sulam.

"Maunya mah dicor biar kuat. Jangan dikasih batu saja, nanti cepat rusak," kata warga setempat bernama Dana di lokasi jalan rusak, Lebak, Banten, Rabu (16/3/2022).

Ada pula salah satu pemotor yang juga berharap, Yuda namanya. Dia sudah sering melewati jalan ini. Dia ingin tindakan serius yang diambil oleh pemerintah yang menangani jalan ini.

"Segera perbaiki. Malu lihat jalannya. Capek juga badan kalau harus lewat jalan rusak kan," pinta Yuda.

Jl Ir Sutami di Lebak, Banten, rusak. 16 Maret 2022. (Fathul Rizkoh/detikcom)Jl Ir Sutami di Lebak, Banten, rusak. 16 Maret 2022. (Fathul Rizkoh/detikcom)

Lebih lanjut Ahmed, warga lain, berharap ada perbaikan jalan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Katanya, selain perbaikan pemerintah pun harus peka terhadap penyebab kerusakan pada jalan.

"Penyebab jalan rusaknya dulu yang diperbaiki. Misal karena truk, ya ditertibkan. Atau karena drainase yang bermasalah akhirnya air tergenang, kan lama-lama terkikis. Agak percuma kalau diaspal terus, diratakan dengan batu terus kalau penyebab rusaknya jalan nggak dibenerin," tegas Ahmed.

Jalan ini punya nama lain Jl Cikande-Rangkasbitung. Warga setempat bernama Ayu bahkan tidak pernah melihat jalan ini mulus. Kondisi jalan rusak sudah terjadi sejak lama.

"Tolong diperbaiki, mobil truk yang bawa muatan berlebih juga harus ditertibkan," kata Ayu kepada detikcom.

Ahmed juga berharap adanya perbaikan Jalan Ir Sutami atau jalan raya Cikande-Rangkasbitung. Sebab, jalan tersebut, katanya, merupakan akses warga menuju wilayah Tangerang.

"Inginnya segera diperbaiki, biar nyaman. Akses bagi pemotor kalau ke Tangerang," tutur Ahmed.

Jl Ir Sutami, Lebak, Banten, berkondisi rusak. 16 Maret 2022. (Fathul Rizkoh/detikcom)Jl Ir Sutami, Lebak, Banten, kondisinya rusak, 16 Maret 2022. (Fathul Rizkoh/detikcom)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak Irvan Suyatufika, memastikan Jl Ir Sutami atau ruas jalan Cikande-Rangkasbitung merupakan jalan nasional. Kewenangan memperbaiki jalan tersebut berada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kalau itu jalan nasional, yang arah mau ke Citeras lewat Taman Angklung. Iya itu, kewenangannya di nasional kalau jalan itu," ujar Irvan.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT