Jelang Parade Pebalap MotoGP, Petugas Disiagakan-Lalin di Bundaran HI Padat

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 09:40 WIB
Suasana lalu lintas di Jl MH Thamrin menjelang Parade Pebalap MotoGp
Suasana lalu lintas di Jl MH Thamrin menjelang parade pebalap MotoGP (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Petugas kepolisian melakukan pengamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, menjelang parade pebalap motoGP. Puluhan petugas terpantau sedang berjaga di sekitar Jl MH Thamrin arah ke Blok M.

Pantauan detikcom pukul 09.15 WIB di lokasi, petugas gabungan mulai kepolisian, anggota Dishub, Satpol PP, dan Brimob berjaga di sekitar lokasi. Mereka terlihat mengatur kondisi lalu lintas.

Terpantau lalin masih dipadati oleh kendaraan. Hingga saat ini, arus lalu lintas di Jl MH Thamrin arah Blok M belum dilakukan penutupan.

Selain itu, bus TransJakarta juga masih beroperasi normal dan dapat melintasi jalur ini. Rencananya, Jl MH Thamrin baru akan dilakukan penutupan sekitar pukul 10.00 WIB.

Kemudian, awak media juga terlihat memadati kawasan ini. Namun belum terlihat warga yang dengan sengaja datang untuk melihat parade MotoGP. Diketahui, lalu lintas menuju Monas ditutup sejak pukul 08.30 WIB.

"Nanti pukul 08.30 Jl Gambir yang menuju ke Istana, kemudian Jl Veteran 1, 2, dan 3 itu untuk melaksanakan sterilisasi di Jalan Medan Merdeka Utara," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (16/3/202).

Sambodo menjelaskan nantinya konvoi itu akan terbagi dalam tiga rombongan A, B, dan C. Rombongan tersebut akan memulai parade di depan Istana Merdeka.

"Nanti grup A, B, dan grup C ini semua start dari Jalan Medan Merdeka Utara di depan Istana," lanjutnya.

Dia menambahkan parade ini setidaknya akan diikuti 600 peserta dari berbagai komunitas. Grup A pebalap MotoGP akan finis di Bundaran HI, sementara grup B dan C akan kembali ke Monas.

"Untuk rute dari Istana ke Thamrin, kemudian untuk yang grup A akan finis di Kempinski, untuk yang grup B dan C akan kembali ke Monas dan perkiraan hari ini mungkin ada sekitar 600-an peserta," ujarnya.

Selama parade ini, Sambodo memastikan TransJakarta akan beroperasi seperti biasa. Penutupan di Jl Thamrin hanya diberlakukan saat konvoi melintas.

Simak Video 'Sederet Fakta Parade MotoGP di Jakarta Sebelum Balapan di Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/yld)