ADVERTISEMENT

Istana-HI Ditutup Selama Parade Pebalap MotoGP Pukul 10.00-11.00 WIB

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Mar 2022 07:08 WIB
Jakarta -

Polisi melakukan rekayasa penutupan arus lalu lintas sementara saat parade pebalap MotoGP digelar. Rute parade pebalap MotoGP dimulai di Istana Merdeka hingga ke Bundaran HI.

Selama parade pebalap MotoGP ini, arus lalu lintas dari Istana Merdeka ke Bundaran HI akan ditutup mulai pukul 10.00-11.00 WIB.

"Akan ada penutupan satu arus itu pun pada saat rombongan melintas dari Istana ke Kempinski sepanjang jalan," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa (15/3/2022).

Parade pebalap MotoGP ini diikuti oleh 80 pebalap. Parade ini merupakan rangkaian kegiatan MotoGP di Mandalika.

"Total ada 80 (20 pebalap MotoGP dan 60 pembalap pabrikan) yang mengikuti parade tersebut dari Istana sampai Hotel Kempinski," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa (15/3/2022).

Puluhan peserta parade MotoGP akan memulai titik start dari Istana Negara. Presiden Jokowi akan melepas parade MotoGP tersebut.


500 Personel Dikerahkan

Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario khusus menjelang parade MotoGP yang akan digelar hari ini. Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto mengatakan pihaknya menerjunkan 500 personel gabungan untuk mengamankan acara tersebut.

Dia menjelaskan skenario ini khusus ditujukan agar keamanan dan keselamatan 20 pebalap MotoGP dalam parade. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada kumpulan massa yang memenuhi jalur parade di sepanjang jalan Istana Merdeka hingga Bundaran HI.

"Berkaitan dengan pengamanan jalur kami telah menyiapkan personel sebanyak 500 personel dari jajaran kepolisian. Kemudian dari Pemda juga kami libatkan untuk mengantisipasi supaya tidak ada luberan penonton yang menyaksikan perjalanan dari Istana sampai Hotel Kempinski," kata Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto.

Istana Pastikan Jokowi Tak Ikut Konvoi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal bertemu dengan para pebalap menjelang gelaran MotoGP. Namun Istana menyatakan Jokowi tak akan melakukan konvoi bersama para pembalap MotoGP tersebut.

"Tidak ada konvoi yang dihadiri Presiden. Kalau pebalap konvoi menuju titik lain, silakan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (15/3).

Jokowi dijadwalkan hanya menyambut para pebalap MotoGP di Istana Negara. Rombongan pebalap dan Jokowi bakal berbincang santai dan sarapan bersama sebelum parade MotoGP dilakukan.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT