Kabar Terkini Kasus Anak Akidi Tio Prank Rp 2 Triliun Donasi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Mar 2022 22:30 WIB
Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto Antara)
Foto: Putri Akidi Tio, Heryanty (batik putih biru), bersama suaminya, Rudi Sutadi (baju ungu) saat diperiksa di Polda Sumsel terkait donasi Rp 2 triliun (Foto Antara)
Palembang -

Lama tak terdengar, kasus prank donasi Rp 2 triliun dari anak Akidi Tio, Heryanty memasuki babak baru. Polisi akan segera melakukan gelar perkara dugaan penipuan terkait prank tersebut.

Kabar itu disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan (Sumsel), Kombes M Anwar Reksowidjojo di Mapolda Sumsel.

"Itu sedang kita persiapkan, persiapan untuk digelarkan (gelar perkara)," ucap Anwar pada Senin (14/3/2022).

Anwar juga menyebut penyidik hanya tinggal mengambil hasil pemeriksaan kejiwaan Heryanty yang telah dikeluarkan dokter. Usai penyidik melakukan gelar perkara, Anwar menyatakan akan segera mempublikasikan kesimpulannya.

"Yang Akidi Tio (prank Rp 2 triliun) tinggal nanti ambil hasil dari dokter dan kita gelarkan baru nanti hasilnya kita sampaikan. Iya, Insyaallah (dalam waktu dekat)," ucapnya.

Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes M Anwar Reksowidjojo (M Syahbana-detikcom)Foto: Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes M Anwar Reksowidjojo (M Syahbana-detikcom)

Seperti diketahui, donasi Rp 2 triliun untuk penanganan Covid-19 dari Heryanty menghebohkan banyak pihak. Banyak yang semula memuji kemurahan hati Heryanty selaku anak dari seorang pengusaha Akidi Tio.

Donasi Rp 2 triliun itu disebut akan diserahkan kepada Irjen Eko Indra Heri selaku Kapolda Sumsel kala itu. Namun belakangan diketahui, donasi dengan nominal fantastis itu hanya bohong belaka.

Selain soal hibah, Heryanty dipolisikan oleh seorang dokter bernama Siti Mirza. Heryanty dilaporkan ke polisi atas kasus dugaan penggelapan dan penipuan uang senilai Rp 2,5 miliar.

Kasus itu diketahui dari laporan polisi nomor LP/B/704/VIII/2021/SPKT/POLDA SUMATERA SELATAN yang dilihat detikcom, Senin (9/8/2021). Dalam laporan itu, Siti menyebut dirinya merasa ditipu Rp 2,5 miliar oleh terlapor, Heryanty.

Seremonial awal kehebohan

26 Juli 2021, Irjen Eko Inda Heri, yang saat itu menjabat Kapolda Sumatera Selatan, menerima secara simbolik hibah Rp 2 triliun. Hibah ditujukan untuk penanganan COVID-19.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," kata Irjen Eko Indra, 26 Juli 2021.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Polisi Masih Periksa Beberapa Saksi untuk Tetapkan Pasal Ke Anak Akidi Tio':

[Gambas:Video 20detik]