ADVERTISEMENT

Tanam Pohon di Pinggir Ciliwung, Riza Minta Warga Setop Buang Sampah ke Sungai

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2022 13:16 WIB
Riza tanam pohon di pinggir Ciliwung (Wildan Noviansah-detikcom)
Riza menanam pohon di pinggir Ciliwung. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri acara penghijauan Kali Ciliwung yang digelar Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI). Riza meminta warga berhenti membuang sampah ke sungai.

Acara penghijauan ini digelar di Padepokan Komunitas Ciliwung Jalan H Mursali, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2022). Riza disambut Kesenian Palang Pintu khas Betawi.

Dalam sambutannya, Riza mengatakan kepedulian warga terkait masalah sampah masih kurang. Buktinya, kata Riza, banyak warga masih membuang sampah ke sungai.

"Kepedulian masyarakat sekitar terhadap sampah masih kurang. Masyarakat kita masih menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa. Tidak hanya sampah, tapi semua yang tidak baik dibuang ke sungai," kata Riza.

Riza mengatakan Sungai Ciliwung makin mengecil dari tahun ke tahun. Dia menyebut hal itu menjadi pemicu menurunnya daya tampung Ciliwung.

"Sungai kita semakin mengecil dari tahun ke tahun. Sehingga semakin mengecil sungai ini, daya tampung air semakin berkurang, aliran sungai juga semakin berkurang," ujarnya.

Riza meminta warga menjaga lingkungan, khususnya Sungai Ciliwung. Dia mengatakan warga harus berhenti membuang sampah ke sungai.

"Coba masyarakat juga mulai memilah dan mengelompokkan sampah, dibuang di tempat terpisah dengan pengelolaannya. Mindset inilah yang harus kita ubah ke depan. Harus kita jaga sungai kita. Sungai sumber kehidupan kita yang harus kita jaga," kata dia.

Riza kemudian ikut menanam pohon di kawasan Sungai Ciliwung. Riza juga ikut menebar 5.000 benih ikan di Sungai Ciliwung hingga menyusuri Sungai Ciliwung dengan perahu.

"Yang ditanam itu 500 benih pohon, kalau simbolis 10 pohon. Dilanjut dengan penebaran 5.000 benih ikan di Kali Ciliwung. Kemudian dilanjut dengan arung Kali Ciliwung dengan tujuan untuk melihat Kali Ciliwung sebagai destinasi wisata air, kemudian menengok kebersihan dan dalam rangka antisipasi banjir juga. Ini dilakukan dalam rangka konservasi alam lingkungan," kata sekretaris panitia kegiatan, Erwin.

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT