Gedung BPJS Kesehatan di Lebak Kebakaran, Diduga Akibat Korsleting

Fathul Rizkoh - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 14:26 WIB
Gedung BPJS Kesehatan di Kampung Sumur Buang, Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Lebak, Banten, terbakar. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik. (Fathul R/detikcom)
Gedung BPJS Kesehatan di Kampung Sumur Buang, Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Lebak, Banten, terbakar. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik. (Fathul R/detikcom)
Lebak -

Gedung BPJS Kesehatan di Kampung Sumur Buang, Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Lebak, Banten, terbakar. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

"Betul, semalam ada kebakaran di Gedung BPJS Sumurbuang," ujar Kepala Bidang Damkar, Iwan Darmawan kepada wartawan, Kamis (10/3/2022).

Kebakaran terjadi pada Rabu (9/3), pukul 22.30 WIB. Sumber api diduga berasal dari ruang arsip yang dipicu korsleting listrik. Api lantas merambat dan membakar seisi ruangan tersebut.

Informasi yang dihimpun, pada saat kejadian masyarakat melihat kepulan asap yang keluar dari dalam gedung. Masyarakat yang menduga adanya kebakaran lantas menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar) setempat.

Kondisi gedung yang terkunci, terang Iwan, membuat petugas kesulitan dalam memadamkan api. Api dapat dipadamkan petugas selama kurang-lebih empat jam.

"Empat jam, cukup kesulitan karena gedung terkunci sementara di dalam gedung sudah banyak asap khawatir merembet ke gedung sebelah," tuturnya.

Gedung BPJS Kesehatan di Kampung Sumur Buang, Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Lebak, Banten, terbakar. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik. (Fathul R/detikcom)Aktivitas pelayanan dialihkan di luar gedung menggunakan mobil pelayanan keliling. (Fathul R/detikcom)

Ada 3 unit mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan kebakaran. Petugas damkar juga dibantu masyarakat dalam memadamkan api.

"Alhamdulillah, semalam sudah padam dan petugas langsung melakukan pendinginan di sekitar lokasi kebakaran," katanya.

Pantauan detikcom, gedung BPJS Kesehatan yang terbakar berada di ruko di Jalan Soekarno-Hatta, Lebak. Ruang arsip yang terbakar berada di belakang gedung.

Terlihat sisa kebakaran semalam seperti noda hitam yang melekat pada dinding. Tidak hanya itu, beberapa besi terlihat ada yang terpotong karena hangus terbakar api. Akibat kebakaran ini, aktivitas pelayanan dialihkan di luar gedung menggunakan mobil pelayanan keliling.

Lihat juga video 'RSUD Pasar Rebo Kebakaran, Diduga Dipicu Korsleting Listrik':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)