RS di Banten Selatan Mulai Dibangun, Pemprov Harap Berobat Tak Perlu ke Jabar

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 08 Mar 2022 17:52 WIB
Peletakan Batu Pertama Pembangunan RS di Banten Selatan
Peletakan Batu Pertama Pembangunan RS di Banten Selatan (Foto: Dok Pemprov Banten)
Serang -

Pemprov Banten bakal membangun rumah sakit di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang dan Kecamatan Cilograng di Lebak yang berbatasan dengan Jawa Barat. RS dibangun dengan anggaran ratusan miliar dan warga diharapkan tidak perlu berobat ke Jawa Barat.

Peletakan batu pertama dilakukan di tanah untuk rumah sakit di Labuan oleh Pemprov Banten dan dihadiri oleh jajaran Pemkab Lebak dan Pandeglang. Rumah sakit ini rencananya bertipe C dengan anggaran Rp 73 miliar.

"Harapannya pertama mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Banten Selatan, khususnya di perbatasan wilayah antara Banten-Jabar, ini bisa kita tangani di daerah kita sendiri dari pelayanan medisnya," kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di Pandeglang, Banten, Selasa (8/3/2022).

Untuk rumah sakit yang di Cilograng, Kabupaten Lebak, anggaran pembangunan senilai Rp 78 miliar. Total yang disediakan untuk alkesnya saja mencapai Rp 200 miliar untuk dua rumah sakit ini.

"Tipe C tapi komplit dari sisi pelayanan kesehatan dan medisnya," tambahnya.

Wagub mengatakan pembangunan dua RS di wilayah selatan ini dibangun untuk akses warga agar tidak terlalu jauh berobat. Khususnya bagi mereka yang berada di selatan yang berbatasan dengan provinsi lain.

"RS ini juga jadi rujukan untuk membantu fungsi puskesmas yang ada di selatan, jadi ini hadiah masyarakat Pandeglang dan Lebak agar bermanfaat," ujarnya.

Selain sebagai penunjang medis, dua rumah sakit ini juga sebagai penunjang wisata di selatan. Karena, daerah itu dekat dengan wisata pesisir. Pada Oktober 2022 nanti, pembangunan RS disebut bakal rampung dan bisa dioperasikan.

Di tempat sama, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menambahkan, selama ini warga Cilograng berobat ke Sukabumi, Jawa Barat. Dengan dibangunnya RS, ini bisa mendekatkan akses kesehatan warga perbatasan.

"Cilogran juga topografinya bukit dan bisa melihat laut, jadi rumah sakit pariwisata,"tambahnya.

"Ini hadiah dari pemprov untuk memperjuangkan di Pandeglang, semoga berjalan lancar," tambah Bupati Pandeglang Irna Narulita.

(bri/knv)