Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakil, Ini Sosok dan Kiprahnya

ADVERTISEMENT

Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakil, Ini Sosok dan Kiprahnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 13:35 WIB
Istana Negara di Ibu Kota Bar
Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakil, Ini Sosok dan Kiprahnya -- Foto: Istana Negara di Ibu Kota Baru (Dok. Instagram Nyoman Nuarta)

Kata KSP Soal Kiprah Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakilnya

Sosok Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe akan menjadi Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan wakilnya. Kantor Staf Presiden (KSP) menilai duet keduanya dari segi pengalaman dan profesionalisme jadi pertimbangan penunjukan keduanya.

"Kalau lihat pengalamannya, mereka kombinasi yang cukup baik dari segi profesionalisme. Pak Bambang punya keahlian di bidang transportasi, infrastruktur, dan perhubungan. Lalu punya pengalaman di bidang manajemen dan lembaga internasional. Belum lagi pengalaman di pemerintahan," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong kepada wartawan, Kamis (10/3/2022).

Wandy juga membeberkan pengalaman Dhony Rahajoe dalam mengelola BSD. Kinerja Dhony disebut terbilang sukses.

"Untuk Pak Dhony, dia punya pengalaman dalam pengelolaan BSD. Kota satelit, yang boleh dibilang cukup sukses," ujar Wandy.

Penunjukkan keduanya menjawab sinyal Presiden Jokowi beberapa waktu lalu di mana dirinya menyebutkan bahwa kepala otorita IKN setidaknya pernah mempunyai pengalaman memimpin daerah dan berlatar arsitek. Terkait hal ini, Wandy mengartikannya sebagai pengalaman kepemimpinan yang menurutnya ada di diri Bambang Susantono.

"Kalau saya melihat itu, bisa diartikan pengalaman kepemimpinan. Jangan lupa ini ada aspek pembangunan fisiknya juga. Kalau Pak Bambang kan punya pengalaman di kementerian atau pemerintahan. Menurut saya cukup sulit mencari sosok komplit seperti beliau," ujar dia.

Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakilnya Akan Dilantik Sore Ini

Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakilnya akan dilantik di Istana Negara pada hari ini (10/3) sore. Bersamaan dengan itu, Jokowi juga akan melantik Gubernur Sulawesi Selatan.

"Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ucap Heru dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Heru juga menyampaikan bahwa acara pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden.

"Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan," ucap Heru.


(izt/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT