Dilantik Sore Nanti, Ini Bocoran Tugas Kepala IKN Nusantara

ADVERTISEMENT

Dilantik Sore Nanti, Ini Bocoran Tugas Kepala IKN Nusantara

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 08:59 WIB
Letak Ibu Kota Baru Indonesia Bernama Nusantara, Ini Detil Lokasinya
Istana Negara di Ibu Kota Baru (Dok. Instagram Nyoman Nuarta)
Jakarta -

Pemimpin Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dilantik sore nanti. Apa saja tugasnya?

UU Ibu Kota Negara (IKN) sudah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi). IKN Nusantara itu akan dipimpin oleh kepala dan wakil kepala otorita.

UU IKN Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara itu diteken 15 Februari 2022. Kepala otorita ibu kota Nusantara yang dimaksud dalam UU itu adalah kepala pemerintah daerah khusus ibu kota Nusantara.

Dalam UU IKN itu juga dijelaskan mengenai masa jabatan kepala dan wakil kepala otorita. Keduanya memegang jabatan selama lima tahun dan dapat ditunjuk kembali dalam masa jabatan yang sama.

Kepala Otorita IKN diberi tugas untuk merespons perkembangan era digital saat ini, dalam memudahkan pelaksanaan segala urusan pembangunan IKN. Kepala Otorita IKN setara menteri yang ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR RI.

Kemudian, dalam RUU IKN yang sudah disahkan di DPR, Kepala Otorita IKN Nusantara merupakan kepala Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Negara Nusantara. Ada juga Wakil Kepala IKN yang bertugas membantu pelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Otorita IKN Nusantara.

"Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Negara Nusantara yang selanjutnya disebut sebagai Otorita IKN Nusantara adalah penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus IKN Nusantara," demikian bunyi Bab I Pasal 1 ayat 9, dikutip Rabu (19/1/2022).

Konsep Smart City

Pembangunan IKN merupakan upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia-sentris dan menjadi bagian transformasi ekonomi untuk meningkatkan nilai tambah perekonomian guna merealisasi Visi Indonesia 2045.

Pembangunan IKN Nusantara mengusung konsep smart city atau kota yang cerdas. Kota ini akan merepresentasikan sebuah kota yang berkinerja baik dengan berpandangan terhadap ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, dan lingkungan hidup

Konsep Smart City mengedepankan aspek keamanan siber. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersama kementerian terkait terus menyiapkan hal-hal mendasar yang dibutuhkan dalam pembangunan.

"BSSN senantiasa berperan aktif dalam menjalankan tugas keamanan siber yang terkait program-program pemerintah terkini," ujar Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian dalam keterangannya, Rabu (9/3/2022).

Kepala IKN Dilantik Hari Ini

Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dikabarkan akan dilantik Presiden Jokowi jadi pemimpin IKN. Pelantikan keduanya itu akan berlangsung sore ini.

Berdasarkan undangan untuk salah satu orang pejabat yang diterima detikcom, pelantikan akan digelar di Istana Negara pukul 15.00 WIB. Pelantikan Kepala dan Wakil IKN ini dibarengi dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) masa jabatan 2022-2023.

Informasi yang diterima, Kepala IKN Nusantara akan dijabat oleh Bambang Susantono. Sedangkan Wakil Kepala IKN diduduki oleh Donny Rahajoe.

Donny Rahajoe sudah merespons kabar dirinya akan dilantik sebagai Wakil Kepala IKN Nusantara. Dia merasa terhormat jika benar dilantik hari ini.

Donny Rahajoe merupakan petinggi di perusahaan Sinar Mas Land. Dalam website Sinar Mas Land, Donny Rahajoe menjabat Managing Director President Office Sinar Mas Land.

"Saya belum mau mendahului, kalau betul (menjadi Wakil Kepala IKN) suatu kehormatan bagi saya dan keluarga," ujar Donny Rahajoe kepada detikcom, Rabu (9/3/2022).

Simak Video 'Calon Pimpinan IKN Dilantik Hari Ini, Bukan dari Kepala Daerah':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/van)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT