ADVERTISEMENT

Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakil, Ini Sosok dan Kiprahnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 13:35 WIB
Istana Negara di Ibu Kota Bar
Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan Wakil, Ini Sosok dan Kiprahnya -- Foto: Istana Negara di Ibu Kota Baru (Dok. Instagram Nyoman Nuarta)
Jakarta -

Kepala Otoritas Ibu Kota Negara Nusantara dan Wakilnya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara sore hari ini.

Adapun Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh Bambang Susantono. Sementara Wakil Kepala Otorita IKN dijabat oleh Dhony Rahajoe.

Lalu bagaimana sosok dan kiprah keduanya? Berikut informasinya.

Sosok Kepala Otoritas Ibu Kota Negara

Melansir situs Universitas Krisnadwipayana, Bambang Susantono diketahui lahir di Yogyakarta, 4 November 1963. Kepala Otorita Ibu Kota Negara ini mengenyam pendidikan hingga jenjang S3:

  1. S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (1982-1987)
  2. S2 Perencanaan Wilayah dan Kota University of California (1993-1996)
  3. S2 Teknik Transportasi University of California (1996-1998)
  4. S3 Perencanaan Infrastruktur University of California (1995-2000)

Karir Bambang Susantono diawali selepas lulus ITB, yakni di Departemen Pekerjaan Umum. Merujuk laman Dephub.go,id, karier Bambang Susanto terus berlanjut ketika dia ditunjuk menjadi Ketua Masyarakat Transportasi (MTI) periode 2008-2010.

Di era Kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Bambang Susantono pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan. Dia juga pernah menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Bambang Susantono sempat menjadi Wakil Presiden Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB). Tugas ini diembannya pada Juli 2015. Dia bertanggung jawab atas pengelolaan Departemen Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim juga Departemen Hubungan Eksternal.

Karirnya tak hanya di dalam negeri, Bambang Susantono juga berpengalaman di kancah internasional, yakni pernah menjabat Anggota Dewan East Asia Society of Transportation EAST, sekaligus Anggota Dewan South North Foundation yang berpusat di Johanesburg, Afrika Selatan.

Sosok Wakil Kepala Otoritas Ibu Kota Negara

Wakil Kepala Otoritas Ibu Kota Negara, Dhony Rahajoe memiliki latar belakang properti yang mumpuni. Saat ini, Dhony menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Dilansir laman Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe terlibat dalam rencana pemerintah dalam pembangunan kawasan perkantoran di IKN. Dirinya sempat menerima kunjungan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa ke BSD City pada Kamis, 7 Oktober 2021 lalu.

Saat itu kunjungan dalam rangka melihat penerapan proyek green building di kawasan BSD Green Office Park, yang dijadikan referensi pemerintah dalam proyek pembangunan IKN.

Pada Jumat, 31 Desember 2021, Sinar Mas Land kembali menerima kunjungan kerja dari Kementerian PUPR dan sejumlah tim pembangunan IKN untuk melihat konsep green building, green mall dan green office di BSD.

Adapun Kepala Otoritas Ibu Kota Negara dan wakilnya yang akan dilantik sore hari ini punya kiprah dan pengalaman yang cocok. Simak informasi di halaman berikut ini.

Simak juga video 'Calon Pimpinan IKN Dilantik Hari Ini, Bukan dari Kepala Daerah':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT