ADVERTISEMENT

Pembangunan Sky Bridge Bojong Gede Rp 16 Miliar Ditarget Mulai April

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 13:26 WIB
Suasana di Stasiun Bojong Gede, Bogor pada 14 Januari 2022.
Stasiun Bojong Gede (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Pemkab Bogor bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana membangun jembatan layang (sky bridge) senilai Rp 16 miliar di sekitar Stasiun Bojong Gede. Direktur Prasarana BPTJ, Jumardi, sky bridge mulai dibangun pada April nanti.

"Saat ini proses pelelangan pekerjaan tersebut sedang berlangsung di mana pada akhir bulan ini diharapkan sudah dapat dilakukan penetapan pemenang lelang. Jadi kita harapkan groundbreaking dapat dilakukan pada bulan April," kata Jumardi melalui keterangan tertulis, Kamis (10/3/2022).

Sky bridge tersebut dibiayai sepenuhnya oleh BPTJ senilai Rp 16,5 miliar. Sementara Pemkab Bogor bertanggung jawab melakukan pembebasan lahan dengan anggaran Rp 4 miliar.

"Jembatan layang tersebut sepenuhnya dibiayai oleh APBN senilai Rp 16,5 miliar melalui anggaran BPTJ tahun 2022. Sementara Pemerintah Kabupaten Bogor mengalokasikan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk kebutuhan pembebasan lahan," tuturnya.

Keberadaan sky bridge tersebut diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas di sekitar Stasiun Bojong Gede. Karena Stasiun Bojong Gede menjadi salah satu stasiun komuter terpadat.

"Stasiun Bojong Gede merupakan salah satu stasiun kereta di Jabodetabek dengan jumlah penumpang komuter terpadat. Sehari-hari sebelum pandemi bisa dipadati penumpang KRL hingga 65 ribu orang atau 1,86 juta orang/bulan, terpadat ketiga setelah Stasiun Bogor dan Stasiun Bekasi," terangnya.

Sky bridge sepanjang 243 meter dengan lebar 3 meter tersebut menghubungkan Stasiun Bojong Gede dengan Terminal Bojong Gede. Tiap ujungnya akan dilengkapi dengan area semacam hall.

Dari sisi stasiun, hall akan dilengkapi dengan fasilitas eskalator, ramp untuk penyandang disabilitas, toilet, musala, tapping gate, dan ruangan loket. Sementara hall pada sisi terminal akan dilengkapi dengan ramp untuk penyandang disabilitas, toilet, dan musala.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan sky bridge tersebut rencananya dibuat seperti jembatan penyeberangan orang (JPO). Sky bridge itu akan menghubungkan Stasiun Bojong Gede dengan Terminal Bojong Gede.

"Insyaallah tahun 2022 ini akan dibangun sky bridge untuk mengurangi kemacetan di Bojong Gede. Jadi orang naik ke atas nanti ada lorong begitu, naik-turunnya di atur. Dari Terminal Bojong Gede ke Stasiun Bojong Gede," ujar Ade, Kamis (6/1) lalu.

Lihat juga video saat ' Jalan Raya Bojong Gede Rusak, Warga Minta Diperbaiki':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT