Pemkab Bogor Bakal Bangun Sky Bridge Senilai Rp 16 M di Stasiun Bojong Gede

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 18:59 WIB
Bupati Bogor, Ade Yasin
Bupati Bogor, Ade Yasin (Rizky/detikcom)
Bogor -

Pemkab Bogor berencana membangun sky bridge senilai Rp 16 miliar di sekitar Stasiun Bojong Gede mulai Maret mendatang. Tujuannya mengurangi kemacetan di sekitar kawasan tersebut.

Sky bridge tersebut rencananya akan dibuat seperti jembatan penyeberangan orang (JPO). Sky bridge itu akan menghubungkan Stasiun Bojong Gede dengan Terminal Bojong Gede.

"Insyaallah tahun 2022 ini akan dibangun sky bridge untuk mengurangi kemacetan di Bojong Gede. Jadi orang naik ke atas nanti ada lorong begitu, naik-turunnya di atur. Dari Terminal Bojong Gede ke Stasiun Bojong Gede," ujar Bupati Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Kamis (6/1/2022).

Nantinya akan ada pembebasan lahan dari pembangunan tersebut. Dengan luas sekitar 300 meter di sekitar area pembangunan sky bridge.

"Ada pembebasan lahan itu sekitar 300 meter untuk depan dan belakangnya (sky bridge) aja sih," ujarnya.

Rencananya sky bridge akan rampung di tahun ini. Ade berharap sky bridge bisa mengurangi kemacetan hingga 50 persen di sekitar Stasiun Bojong Gede.

"Mudah-mudahan 50 persen," lanjutnya.

Pemkab Bogor turut menggandeng Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk merancang sky bridge Bojong Gede. Direktur Prasarana BPTJ, Jumardi mengatakan anggaran untuk proyek tersebut sebesar 16 miliar, yang seluruhnya dikeluarkan oleh BPTJ.

"Sekitar 16 miliar," ujarnya kepada wartawan, Kamis (6/1/2022).

(maa/maa)