ADVERTISEMENT

Bambang Brodjonegoro di Antara Isu Bambang Susantono Jadi Pemimpin IKN

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 10:58 WIB
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (10/5/2019). Agung Pambudhy/Detikcom.
Bambang Brodjonegoro (Dok. detikcom)
Jakarta -

Dua sosok dengan nama depan Bambang, yakni mantan Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro serta mantan Wamenhub Bambang Susantono, menguat jadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Di tengah gencar isu Bambang Susantono yang bakal menjadi pemimpin Otorita IKN Nusantara, peluang Bambang Brodjonegoro juga muncul ke permukaan.

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi NasDem Syarief Abdullah Alkadrie sempat menduga sosok Bambang yang diisukan sebagai calon Kepala Otorita Nusantara adalah mantan Bambang Brodjonegoro. Seperti diketahui, sosok yang saat ini disebut-sebut sebagai calon kuat Kepala Otorita Nusantara memiliki nama Bambang.

"Tadi kan kita mikir-mikir, apakah Bambang Brodjonegoro yang pernah menjadi Kepala Bappenas. Kan itu yang awal-awalnya. Tetapi setelah itu, Bambang lain," kata Syarief kepada wartawan, Rabu (23/2).

Syarief mengatakan baru mengetahui saat ini bahwa Bambang yang disebut-sebut kandidat kuat Kepala Nusantara adalah Bambang Susantono. Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu mengaku belum mengenal baik sosok Bambang Susantono.

"Saya pun baru tahu sekarang Pak Bambang (Susantono) itu. Memang dia pernah jadi Wamehub tahun 2010. Waktu itu saya memang belum di Komisi V. Jadi belum tahu track record beliau," terang Syarief.

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Bambang Brodjonegoro nothing to lose. Selain tak terkendala panggung 2024, Bambang sendiri dinilai sebagai sosok yang mumpuni dari segi pengalaman.

Bambang diketahui pernah menduduki jabatan-jabatan strategis di kepemimpinan Jokowi. Dari Menteri Keuangan hingga Menteri Riset dan Teknologi (kini dilebur ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Rekam jejak Bambang Brodjonegoro dinilai sangat relevan dengan jabatan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Sebab, pemimpin IKN Nusantara tentu harus memahami bagaimana merancang sebuah wilayah dan juga mahir dalam aspek perencanaan anggaran.

"Bambang Brodjo juga masuk nominasi. Senior, berpengalaman, sempat dipercaya betul jadi Menristek. Bahkan setelah tak jadi menteri, ada gosip angin bahwa Bambang Brodjo digaransi sebagai Kepala IKN," sebut Adi Prayitno, yang juga tercatat sebagai dosen ilmu politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat (18/2).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Tony Blair Puji Jokowi: Pembangunan di RI Sudah 'On The Right Track'':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT