ADVERTISEMENT

Sungai Cibanten Bakal Dinormalisasi demi Cegah Banjir Serang Terulang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 02 Mar 2022 17:01 WIB
Kondisi di Bendungan Sindangheula (Bahtiar-detikcom)
Kondisi di Bendungan Sindangheula (Bahtiar/detikcom)
Serang -

Sungai Cibanten yang membelah Serang bakal dinormalisasi setelah banjir besar melanda Serang, Banten. Normalisasi diharapkan bisa mencegah banjir terulang.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan bangunan yang berada di sekitar sungai bakal ditertibkan oleh Pemkot Serang. Dia menyebut banjir besar kali ini harus menjadi momentum penataan sungai.

"Tadi kesepakatan kita ini menjadi momentum kepada Pak Wali juga pembenahan yang ada di daerah sepadan sungai bangunan juga ditertibkan," kata Andika saat meninjau Bendungan Sindangheula di Serang, Rabu (2/3/2022).

Dia mengatakan Pemkot Serang harus bisa menertibkan permukiman yang tidak disertai dengan ruang terbuka hijau. Dia menjamin Pemprov Banten bakal mendukung langkah Pemkot Serang.

"Saya yakin Pemprov memberikan supporting kepada Pemkot bersama-sama membenahi agar tidak terjadi lagi permasalahan banjir yang luar biasa, sejarah sampai ada yang 5 meter," ujarnya.

Andika berharap Bendungan Sindangheula di bagian hulu Cibanten juga memiliki sistem peringatan dini. Dia mencontohkan sistem peringatan dini yang ada di Bendungan Katulampa, Bogor.

"Debit sudah tinggi memang kalau sudah lebih kapasitas itu seperti aliran sungai biasa jadi kita bisa diberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat kaitan early warning system kayak di Katulampa," ucapnya.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan normalisasi harus dilakukan sampai ke hilir di Karangantu. Dia berharap Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWS3) Kementerian PUPR ikut turun tangan.

"Saya berharap BWWSC3 normalisasi dulu jangan grand design dulu dari hilir sampai sini sehingga jika terjadi banjir atau melebihi kapasitas tampungan Sindangheula, kota aman," ujarnya.

Dia mengaku siap menertibkan permukiman di bantaran Cibanten. Menurutnya, penertiban bisa diatur.

"Bisa diatur gampang itu mah, yang penting Balai melangkah dulu," ucapnya.

Duka korban banjir Serang menjadi duka kita juga. Ribuan orang terdampak banjir dan banyak pula yang mengungsi. Jangan biarkan mereka menghadapinya sendiri.

Mari bantu korban banjir Serang dengan donasi yang bisa disalurkan melalui berbuatbaik.id CTARSA Foundation. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim berbuatbaik.id. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

(bri/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT