ADVERTISEMENT

Bapas Ungkap Cara Jika Angelina Sondakh Ingin ke Luar Kota: Lapor Lewat SMILE

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 06 Mar 2022 20:09 WIB
Angelina Sondakh saat Lapor Diri
Foto: dok.Istimewa
Jakarta -

Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Selatan (Bapas Jaksel) Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta meluncurkan aplikasi SMILE atau Sistem Informasi Layanan Elektronik untuk digunakan lapor diri, izin keluar kota, dan ke luar. Bapas menyebut aplikasi ini juga bisa digunakan Angelina Sondakh untuk izin ke luar kota selama proses cuti menjelang bebas (CMB).

"Kami selalu mensosialisasikan aplikasi SMILE ini kepada seluruh klien Bapas Jaksel yang melakukan registrasi ataupun lapor diri perdana dengan mendatangi langsung kantor kami. Begitu pun dengan Angelina Sondakh yang Jumat lalu melakukan lapor diri, kami turut sosialisasikan aplikasi SMILE ini," kata Kepala Bapas Jaksel Ricky Dwi Biantoro dalam keterangan pers tertulisnya, Minggu (6/3/2022).

Ricky menjelaskan aplikasi SMILE dapat diakses secara digital melalui bapasjaksel.com/smile. Tak hanya itu, klien juga dapat mengunduhnya di Google Play Store.

"Aplikasi SMILE atau Sistem Informasi Layanan Elektronik yang dapat diakses secara digital melalui bapasjaksel.com/smile ataupun diunduh melalui Google Play Store," ujarnya.

Ricky menerangkan nantinya klien akan diminta untuk mengisi formulir digital yang dapat diakses di aplikasi SMILE. Klien kemudian mengunduh dokumen pengajuan untuk ditandatangani.

"Dokumen yang telah ditandangani tersebut kemudian dipindai dan diunggah ke aplikasi SMILE," lanjut Ricky.

Sebelumnya diketahui, Ricky Dwi Biantoro mengatakan Angelina Sondakh boleh bepergian ke luar kota untuk sekadar liburan. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya mengajukan izin.

"Healing boleh juga," ujar Ricky di kantor Bapas Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (4/3).

Dia mengungkapkan Angelina Sondakh baru merencanakan berlibur ke Bali. Namun hingga saat ini pihak Bapas belum menerima pengajuan izin dari Angelina Sondakh untuk liburan.

"Terkait permohonan itu, sampai saat ini belum, baru ada rencana kemarin ingin berlibur ke Bali. Tapi sampai sekarang belum ada permohonan dari yang bersangkutan untuk mengajukan izin ke luar kota. Karena untuk ke luar kota harus mengajukan izin kepada kami pihak Bapas," jelas Ricky.

Angelina Sondakh juga telah melakukan wajib lapor yang pertama kalinya ke kantor Balai Permasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Selatan. Dia diwajibkan melakukan lapor diri selama tiga bulan ke depan.

"Ibu Angie akan lakukan laporan selama dua minggu sekali sampai 1 Juni. Pelaporannya bisa dilakukan tatap muka dan virtual. Kami Bapas akan lakukan kepada Ibu Angie secara pengawasan langsung," ujar Ricky.

Dalam kurun waktu tiga bulan tersebut, Angie akan menjalani program cuti menjelang bebas (CMB). Ada beberapa syarat yang harus ditaati oleh Angelina Sondakh selama proses CMB.

(whn/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT