ADVERTISEMENT

Pembakar Penjaga Gudang di Sibolga Sumut Ditangkap!

Abdi Somat - detikNews
Minggu, 06 Mar 2022 12:57 WIB
Rilis pelaku pembakar penjaga gudang di Sibolga Sumut
Rilis pelaku pembakar penjaga gudang di Sibolga, Sumut. (Foto: dok. Istimewa)
Sibolga -

Pelaku pembakaran Muhammad Yusuf Damanik (65), penjaga gudang di Jalan S Parman, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), berhasil ditangkap tim gabungan Polresta Sibolga. Pelaku adalah seorang laki-laki berinisial HS alias T (47).

Kasubbag Humas Polresta Sibolga AKP R Sormin menyatakan pelaku merupakan seorang nelayan warga Dusun Sitiristiris, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumut. Menurutnya, pelaku ditangkap di sekitar Pulau Kalimantung saat sedang mencari ikan.

"Tim gabungan langsung bergerak ke tempat yang dimaksud dan berhasil mengamankan pelaku. Dan ketika dilakukan pengembangan, pelaku melakukan perlawanan sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku pada hari Sabtu (5/3) sekitar pukul 08.00 WIB," kata Sormin kepada wartawan, Minggu (6/3/2022).

Sormin menyebut pelaku melakukan tindakan tersebut karena sakit hati kepada korban. Di mana korban pernah mengobati keluarga pelaku tetapi tak kunjung sembuh, bahkan semakin parah. Atas dasar itulah pelaku sakit hati dan dendam.

"Bahkan pelaku sudah tujuh kali merencanakan untuk membakar korban, namun selalu gagal," ucapnya.

Kronologi Pembakaran Penjaga Gudang

Sormin menjelaskan, kronologi pembakaran yang dilakukan pelaku kepada korban. Menurutnya, pelaku sudah menyiapkan bensin jenis Pertalite yang diambilnya dari becak motor yang parkir di Pasar Belakang Sibolga dengan cara membuka kran karburator becak motor tersebut.

Pertalite itu pun ditampungnya menggunakan gelas bekas air mineral yang diperoleh pelaku di Jalan Perintis Kemerdekaan. Sesudah mendapatkan Pertalite, pelaku membeli korek api dari salah satu warung di Jalan Mojopahit Sibolga.

Sesudah mendapatkan bahan-bahan itu, pelaku mendatangi gudang tempat korban bekerja (jaga gudang) di Jalan S Parman, Kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga, pada Jumat (4/3). Saat itu, korban sedang tertidur dan pelaku pun langsung menyiramkan bensin Pertalite ke tubuh korban dan menyulut korek api.

Korban pun terbakar dan langsung berteriak minta tolong. Warga yang mendengar langsung datang dan membantu memadamkan api dari tubuh korban.

"Akibat kejadian itu, M Yusuf Damanik mengalami luka bakar di sekujur tubuh sekitar 79%. Bahkan, menurut keterangan pihak Rumah Sakit Metta Medika Sibolga, korban harus dilakukan penanganan khusus dan harus dirujuk ke Rumah Sakit Khusus yang dapat menangani bedah plastik," ujar Sormin.

Terhadap pelaku HS alias T yang diduga telah melakukan tindak pidana penganiayaan berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 355 ayat (1) Subs Pasal 354 ayat (1) lebih Subs Pasal 351 ayat (2) dari KUHPidana diancam hukuman penjara selamalamanya 12 tahun.

(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT