Ketemu Lagi! Kobra Ngumpet di Sumur Warga Bogor, Panjangnya 1,5 Meter

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 04 Mar 2022 10:02 WIB
Petugas damkar mengevakuasi ular kobra sepanjang 1,5 meter di sumur sedalam 20 meter di Ciomas, Bogor.
Petugas damkar mengevakuasi ular kobra sepanjang 1,5 meter di sumur sedalam 20 meter di Ciomas, Bogor. (Foto: dok. Damkar Kabupaten Bogor)
Bogor -

Ular kobra Jawa sepanjang 1,5 meter menyumbat saluran air rumah warga Desa Sukaharja, Ciomas, Kabupaten Bogor. Ular tersebut bersembunyi di dalam sumur si warga.

"Kronologi, tiba-tiba air mampet. Pada saat dicek, ternyata ada ular di dalam sumur tersebut," kata Komandan Regu 2 Damkar Sektor Ciomas Mulyana melalui keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Mulyana mengatakan warga langsung menghubungi pihaknya. Tim damkar lalu mengevakuasi kobra tersebut pada Kamis (3/3) pukul 11.15 WIB.

"Dan (warga) langsung melapor kepada petugas pemadam kebakaran untuk dilakukan penanganan," imbuh Mulyana.

Mulyana menuturkan ular kobra tersebut berada di kedalaman 20 meter. Petugas damkar mengevakuasi dengan beberapa alat bantu, di antaranya sarung tangan, tongkat, tangga, masker, tali carmantel, carabiner figur 8, dan senter.

Proses evakuasi ular kobra di kedalaman sumur 20 meter itu berlangsung hampir dua jam. "Evakuasi selesai dilakukan pada pukul 13.10 WIB," pungkas Mulyana.

Sebelumnya, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor juga mengevakuasi ular kobra berukuran 60 cm. Ular tersebut dievakuasi dari dalam sumur sedalam 10 meter milik warga Kecamatan Kemang.

"Keberadaan ular kobra tersebut diketahui setelah penghuni rumah tak sengaja mendengar suara desis ular di dalam sumur saat hendak mengambil air," kata Komandan Regu (Danru) 2 Rescue Damkar Kabupaten Bogor M Ridwan melalui keterangannya, Senin (14/2).

Karena khawatir, pemilik sumur tersebut melaporkan ke Damkar. Petugas Damkar yang menerima laporan lalu mendatangi lokasi. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (13/2). Evakuasi dimulai pukul 17.10 WIB hingga 19.20 WIB.

Ridwan mengatakan ular kobra itu tidak sampai menyerang warga. Ular tak melawan saat dievakuasi.

Lihat juga video 'Evakuasi Kobra Jawa di Rumah Warga, 2 Petugas Damkar Kena Patuk':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)