Angka Kemiskinan Depok Terendah Ke-3 di RI, 2,58% Penduduk Miskin

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 13:43 WIB
Kendaraan bermotor meilntasi jalan Margonda Raya ditengah pemberlakuan PSBB di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (19/5/2020). Grandyos Zafna/detikcom
Ilustrasi. Jalan Margonda, Depok (Grandyos Zafna/detikcom)
Depok -

Depok menempati urutan ketiga kota dengan persentase penduduk miskin terendah di Indonesia pada 2021. Adapun persentase tingkat kemiskinan Kota Depok sebesar 2,58 persen, naik dari tahun sebelumnya, yakni 2,45 persen dari total penduduk.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilihat detikcom, Depok berada di posisi ketiga dengan tingkat kemiskinan paling rendah di bawah Kota Sawahlunto sebesar 2,38 persen dan Kota Tangerang Selatan 2,57 persen.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok Dadang Wihana mengapresiasi kerja sama semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Kota Depok.

"Alhamdulillah, ini angka yang cukup baik. Kota Depok jumlah penduduk miskinnya 2,58 persen," kata Dadang Wihana dikutip detikcom dari laman resmi Pemkot Depok, Kamis (3/3/2022).



Meski demikian, lanjut Dadang, Pemkot akan tetap waspada soal tingkat kemiskinan. Sebab, pandemi COVID-19 memberikan dampak ke perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Depok tertinggi ketiga di Jawa Barat. Adapun IPM mencakup perihal harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok juga alhamdulillah tertinggi ketiga di Jawa Barat, yaitu 81,37, setelah Kota Bandung dan Kota Bekasi," sambungnya.

Nantinya, Pemkot Depok akan gencar mempersiapkan program unggulan, yakni 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha. Pemkot juga berupaya menyelesaikan ketimpangan antara angkatan kerja dan kebutuhan dunia kerja.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terkait kurikulum dan program kerja di SMK. Serta Pemkot Depok akan mengembangkan investasi pada tenaga kerja lokal," tutupnya.

Simak juga '120 Mangkok Per Hari, Pria di Depok Sudah Bagikan 18 Ribu Bubur gratis':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)