ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Warga Mengenang Taman Waduk Pluit Warisan Jokowi-Ahok Saat Masih Terawat

Marteen Ronaldo - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 17:40 WIB
Waduk Pluit di Jakarta Utara, 27 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Waduk Pluit di Jakarta Utara, 27 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Warga mengenang Taman Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut), saat masih ramai dikunjungi wisatawan. Kondisi itu tak lama setelah diresmikan oleh Joko Widodo (Jokowi) pada 2013 saat jadi Gubernur DKI Jakarta.

Aliya Subekti, yang tinggal di Penjaringan, mengenang kondisi saat pertama kali setelah revitalisasi pada 2013. Taman Waduk Pluit menjadi tujuan masyarakat untuk berkumpul dan beraktivitas.

"Dulu ingat banget waktu diperbaiki oleh Pak Jokowi itu indah dan bagus banget, banyak warga dan orang di luar daerah sini tuh datang buat olahraga, ngeliat pemandangan asri banget pokoknya," ujarnya saat ditemui, Selasa (1/3/2022).

Taman Waduk Pluit yang rusak, Selasa (1/3/2022).Taman Waduk Pluit yang rusak, Selasa (1/3/2022). (Marteen Ronaldo/detikcom)

Dia pun menerangkan, saat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jadi Gubernur pada 2014-2017, taman masih terawat. Kebersihan pun dijaga dengan baik.

"Kalau dulu itu sampah selalu diangkut, pasti diangkut, tidak dibiarkan penuh, apalagi berminggu-minggu. Pasti setiap hari itu ada saja yang bersihin," terangnnya.

Namun perawatan mulai kendur, dan terjadi kerusakan beberapa tahun ke belakang. Kondisi taman pun sempat kotor hingga jadi perbincangan.

"Kalau sekarang kita bisa lihat, ada berapa banyak sampah, bahkan waktu itu sempat diviralkan karena kotor, giliran gitu baru tuh petugasnya datang," paparnya.

Hal senada disampaikan Wahyu Rian, salah seorang pengunjung lainnya. Menurutnya, kondisi Taman Waduk Pluit sangat membutuhkan sentuhan perbaikan.

"Harus segera diperbaiki dan dilakukan pemeliharaan setiap bulan. Karena ini kan kawasan wisata dan juga banyak orang-orang datang ke sini untuk berolahraga juga," jelasnya.

Area olahraga di Waduk Pluit, Jakarta Utara (Jakut), Selasa (1/3/2022).Area olahraga di Waduk Pluit, Jakarta Utara (Jakut), Selasa (1/3/2022). (Marteen Ronaldo/detikcom)

Kondisi Terkini

Pantauan di lokasi, Selasa (1/3/2022) terlihat fasilitas dan prasarana bagi masyarakat dan anak-anak yang bermain di sana masih rusak berat.

Tong sampah untuk menampung sampah kotoran plastik saat ini hilang dari posisi awalnya. Tong sampah tersebut ditemukan 300 meter dari lokasi semestinya dalam keadaan rusak.

Hal tersebut pun mendapatkan reaksi yang keras dari para pengunjung di sana. Menurut para warga, penataan tata ruang Waduk Pluit saat ini kurang diperhatikan.

Taman Waduk Pluit yang rusak, Selasa (1/3/2022).Taman Waduk Pluit yang rusak, Selasa (1/3/2022). (Marteen Ronaldo/detikcom)
(aik/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT