detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Perbaikan Taman Waduk Pluit Tunggu 2022, Warga Heran

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 16:44 WIB
Taman Kota Waduk Pluit, 28 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Taman Kota Waduk Pluit, 28 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan perbaikan Taman Kota Waduk Pluit baru bisa dianggarkan tahun depan. Warga yang sering beraktivitas di sini heran.

"Kenapa harus tahun 2022 dianggarkannya? Kenapa tidak dari tahun ini dianggarkan, masa nunggu hancur dulu untuk dibagusin?" ujar Anton, salah satu warga yang bekerja sebagai tukang jajanan keliling di area Taman Kota Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (28/10/2021).

Anton mengatakan sebelum diberitakan kawasan Taman Kota Waduk Pluit sangatlah memprihatinkan. Ia menerangkan, sampah banyak ditemukan tergeletak di jalan dan juga jarangnya pemeliharaan kawasan area taman menjadi permasalahan yang harus diselesaikan.

"Apalagi ini kan banyak juga orang yang datang ke sini untuk berolahraga dan melakukan aktivitas lainnya," terangnya.

Taman Kota Waduk Pluit, 28 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Taman Kota Waduk Pluit, 28 Oktober 2021 (Marteen Ronaldo P/detikcom)

Ada pula warga lain bernama Mayunda. Dia adalah salah satu pengunjung Waduk Pluit di sore yang sangat mendung ini. Dia menyatakan kondisi Taman Kota Waduk Pluit seharusnya diperhatikan.

"Seharusnya memang setiap tahun ada anggaran untuk pemeliharaan dan kebersihan, karena kalau kotor kan kita yang datang juga jadi tidak nyaman," kata Mayunda.

Kondisi Taman Waduk Pluit, Jakarta Utara, 27 Oktober 2021, 12.00 WIB. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Kondisi Taman Waduk Pluit, Jakarta Utara, 27 Oktober 2021, 12.00 WIB. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Sebenarnya, masalah kebersihan sudah teratasi setelah petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI mengangkut sampah di Taman Waduk Pluit. Masalah yang belum tertangani adalah rusaknya bagian-bagian taman yang dibangun tahun 2013 ini, yakni bagian pijakan pejalan kaki, bangku taman, alat fitness, hingga tempat sampah. Dia berharap pemeliharaan dan perbaikan Taman Kota Waduk Pluit dapat dikerjakan secepatnya tanpa harus menunggu tahun 2022.

"Kalau bisa lebih cepat, kenapa harus menunggu yang lama?" tegasnya.

Sebelumnya, Wagub DKI Riza Patria menuturkan Pemprov DKI akan menganggarkan perbaikan dan pemeliharaan taman pada 2022 mendatang. Soalnya, penyerahan pengelolaan Taman Waduk Pluit baru diserahkan dari PT Jakpro ke Dinas Pertamanan dan Hutan Kota pada 2020 dan belum sempat dianggarkan untuk 2021.

"Nanti ke depan kita anggarkan pemeliharaannya kebersihannya, perapihan (taman) waduk dan lain-lain di tahun 2022," kata Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/10) kemarin.

Lihat juga video 'Asyiknya Main di Taman Labirin Indrokilo Boyolali':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/tor)