Pendaki Meninggal Dunia Hipotermia Usai Ditinggal Ritual di Gunung Lawu

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 08:51 WIB
Tim SAR gabungan mengevakuasi pendaki Gunung Lawu yang meninggal, Senin (28/2/2022).
Tim SAR gabungan mengevakuasi pendaki Gunung Lawu yang meninggal, Senin (28/2/2022). (dok. SAR Semarang)
Jakarta -

Yusuf (40) tewas karena kedinginan di Gunung Lawu, Jawa Tengah. Pendaki asal Tangerang, Banten, ini awalnya ditinggal rombongannya yang hendak melakukan ritual dan kondisi korban melemah saat dijemput temannya usai ritual.

Dilansir dari detikjateng, Selasa (1/3/2022), korban dievakuasi tim SAR gabungan kemarin siang. Dia diduga mengalami hipotermia di Pos 4 Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

"Korban mendaki Gunung Lawu via Cemoro Kandang pada Sabtu (26/2) sekitar pukul 09.00 WIB bersama 100 pendaki asal Semarang yang akan melaksanakan ritual," kata Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, dalam keterangan tertulis yang diterima detikJateng, Senin (28/2).

Heru menuturkan, pada Sabtu (26/2) sekitar pukul 15.20 WIB, korban terjebak hujan di antara Pos 3 dan Pos 4. Korban kelelahan saat ingin melanjutkan perjalanan ke puncak bersama rombongan karena udara dingin.

Korban ditinggal di warung yang berada di Pos 4. "Karena terjebak hujan deras, Yusuf mengalami hipotermia di Pos 4 Gunung Lawu pada Sabtu sore," imbuh Heru.

Sesampai di lokasi, tim SAR gabungan mendapati Yusuf lemah, tidak lama kemudian Yusuf meninggal dunia.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga 'Proses Evakuasi 2 Pendaki yang Tewas Hipotermia di Gunung Bawakaraeng':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/yld)