ADVERTISEMENT

Vaksinasi Anak di DKI Baru 90%, Dinkes Harap Vaksin COVID Jadi Syarat PTM

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 25 Feb 2022 16:33 WIB
Doctor vaccinating for a boy on blue background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/baona
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan capaian vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun mentok di angka 90 persen. Dinkes menyebutkan adanya faktor yang menyebabkan orang tua belum mau mengajak anaknya mengikuti vaksinasi.

"Di Jakarta, capaian vaksin anak masih mentok di 90 persen. Kenapa ya anak usia 6-11 tahun, masih ada 10 persen orang tua yang belum mengajak anaknya vaksin," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama dalam diskusi Kelompok Kerja RCCE COVID-19 yang disiarkan dalam YouTube internetsehat, Jumat (25/2/2022).

Ngabila menjelaskan faktor orang tua belum mau mengajak anaknya mengikuti vaksin. Hal itu dikarenakan belum adanya regulasi vaksin kepada anak sebagai syarat pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

"Karena satu sisi juga belum dijadikan rules, regulasi, di Jakarta untuk syarat PTM," ujar Ngabila.

Menurut Ngabila, seharusnya Jakarta bisa dijadikan contoh untuk membuat regulasi vaksin kepada anak sebagai syarat pelaksanaan PTM di sekolah. Ngabila melihat akses vaksinasi di Jakarta mudah didatangi.

"Menurut saya, Jakarta sangat bisa dijadikan percontohan untuk kewajiban dilakukan vaksinasi untuk PTM karena akses mudah, terus juga dari segi kultural masyarakat percaya dengan vaksinasi," jelas Ngabila.

Lebih lanjut, Ngabila mengimbau kepada masyarakat untuk tidak pilih-pilih merek vaksin. Ngabila memastikan semua merek vaksin aman, sehat, dan berkualitas.

"Kita tidak boleh pilih-pilih merek vaksin karena kita bayangkan di belahan dunia sana, misalnya di Afrika, orang nyari satu vaksin buat dosis satu saja susah banget. Negara kita masa ngebuang-buang vaksin yang expired. Ini satu hal yang sangat disayangkan," kata Ngabila.

"Jadi jangan pilih-pilih vaksin. Semua merek vaksin aman, sehat, berkualitas," sambungnya.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT