ADVERTISEMENT

Siap-siap! Akan Ada Uji Emisi di 24 Ruas Jalan DKI

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 18:29 WIB
Uji emisi gratis dilakukan di Jakarta, Minggu, (12/12/ 2021). Dalam kegiatan ini sebanyak 400 kendaraan mobil melakukan diuji emisi.
Ilustrasi (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan menggelar kepatuhan uji emisi. Rencananya, uji emisi ini akan dilaksanakan di 24 ruas jalan DKI Jakarta selama 2022.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Yogi Ikhwan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kualitas mesin dari setiap kendaraan. Dengan uji emisi itu juga akan diketahui kadar zat yang berbahaya untuk lingkungan.

"Uji emisi adalah pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Uji emisi juga bermanfaat untuk mengukur kualitas mesin dari setiap kendaraan. Dengan menguji emisi, akan diketahui kadar zat yang berbahaya atau tidak bagus untuk lingkungan," ujar Yogi dalam keterangannya, Kamis (24/2/2022).

Yogi tidak menjelaskan secara rinci ke-24 ruas jalan yang akan digelar uji emisi. Sebab, dikhawatirkan para pengendara akan menghindari jalan tersebut.

"Kegiatan akan dilaksanakan di 24 ruas jalan selama 2022. Kita sengaja tidak umumkan jalan mana saja, nanti pengendara malah menghindari jalan tersebut," jelas Yogi

Lebih lanjut, Yogi menjelaskan prosedur pelaksanaan uji emisi. Nantinya, kendaraan yang melintas akan dihentikan oleh petugas di lapangan untuk dicek status uji emisinya.

"Pada pelaksanaannya, kendaraan yang melintas akan dipinggirkan oleh petugas di lapangan untuk dicek status uji emisinya," kata Yogi.

Jika kendaraan itu dinyatakan lulus, bisa melanjutkan perjalanan. Namun untuk kendaraan yang belum uji emisi, akan diarahkan ke tempat uji emisi yang disediakan di lokasi untuk dilakukan pengujian.

"Kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dan dinyatakan lulus akan diminta meneruskan perjalanan," ujar Yogi.

"Kendaraan yang belum melakukan uji emisi diarahkan ke tempat uji emisi yang telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta selanjutnya dilakukan pengujian," sambungnya.

Yogi menyebutkan untuk kendaraan yang dinyatakan lulus akan diberikan hasil lulus uji emisi. Sedangkan untuk kendaraan yang dinyatakan tidak lulus uji emisi akan dilaporkan dan diberikan teguran oleh petugas.

"Jika dinyatakan lulus, akan diberikan hasil lulus uji dan jika dinyatakan tidak lulus uji emisi, akan dilaporkan ke petugas kepolisian atau Dinas Perhubungan, lalu akan diberikan teguran oleh petugas," ujar Yogi.

(gbr/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT