Mengemuka Dukungan ke Bambang Susantono Pimpin IKN Nusantara

ADVERTISEMENT

Mengemuka Dukungan ke Bambang Susantono Pimpin IKN Nusantara

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 08:01 WIB
Profile Bambang Susantono saat menjalani wawancara khusus dengan tim detikcom beberapa waktu lalu sebelum dirinya terbang dan bekerja di ADB usai menjabat sebagai WamenHub RI
Bambang Susantono (Rachman Haryanto/detikcom)

PAN Sebut Bambang Susantono Sosok yang Tepat

PAN menilai Bambang Susantono sebagai sosok yang tepat. PAN menyebut Bambang berpengalaman di birokrasi pemerintahan.

"Sebagai ahli infrastruktur dan transportasi, serta telah berpengalaman di birokrasi pemerintahan, maka jika pemerintah atau Pak Presiden Jokowi menunjuk Bambang Susantono sebagai kepala otorita IKN adalah sudah tepat," kata Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Viva Yoga menyebut pemimpin IKN memiliki beban tugas yang berat sehingga membutuhkan sosok berintegritas dan memiliki kapasitas keilmuan, pengalaman, dan nilai profesionalitas yang tinggi.

"Beban tugas yang berat dan tantangan yang tidak ringan, tentu membutuhkan sosok yang memiliki integritas pribadi, kapasitas keilmuan, pengalaman, kepemimpinan, dan nilai profesionalitas yang tinggi," imbuhnya.

Di Mata Rekan Bambang Disebut Sosok Cerdas

Semasa kuliah, Bambang Susantono dikenal sebagai orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Hal itu diakui rekan seangkatan Bambang, Hilman Widiatmojo.

"Iya orangnya rajin Pak Bambang itu. Saya satu kelas, satu angkatan, dan sering main bareng, lumayan dekatlah. Kalau berprestasi sekali tidak, jadi antara middle up ya dia di antara itu, jadi di atas rata-rata," ucap Hilman saat dihubungi detikJabar, Rabu (23/2/2022).

Hilman juga mengomentari isu Bambang Susantono bakal dipilih Jokowi menjadi kepala IKN. Menurutnya, sosok rekannya tersebut memiliki kekuatan di sisi pengembangan wilayah.

Selain itu, posisi Bambang Susantono, yang saat ini menjadi Vice President Asian Development Bank (ADB), mampu membuka akses kepada para investor.

"Beliau punya pengalaman di bidang pengembangan wilayah, studi S2, S3 kan itu jadi sangat kuat. Bekerja di ADB punya akses keluar untuk investor, barangkali cocok. Jadi beliau punya kekuatan dari sisi itu," ungkapnya.

Ridwan Kamil Dukung Bambang Susantono

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mendukung Bambang sebagai Kepala Otorita IKN. Diketahui, Ridwan Kamil juga merupakan kandidat calon kepala IKN.

"Ahli bidang pembangunan lulusan teknik sipil. Saya mendukung dan setuju," kata Ridwan Kamil alias RK di Gedung Sate dilansir dari detikJabar, Rabu (23/2/2022).

Selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT