Mengemuka Dukungan ke Bambang Susantono Pimpin IKN Nusantara

ADVERTISEMENT

Mengemuka Dukungan ke Bambang Susantono Pimpin IKN Nusantara

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 08:01 WIB
Profile Bambang Susantono saat menjalani wawancara khusus dengan tim detikcom beberapa waktu lalu sebelum dirinya terbang dan bekerja di ADB usai menjabat sebagai WamenHub RI
Bambang Susantono (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Mantan Wamenhub Bambang Susantono dikabarkan menjadi calon kuat kepala Ibu Kota Nusantara. Sejumlah dukungan dan pujian pun mencuat.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi akan segera mengumumkan kepala IKN dalam waktu dekat, meski belum diketahui kapan tanggal pasti pengumuman itu dilakukan.

"Ya mungkin, mungkin ini, minggu-minggu depan juga. Mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik," kata Jokowi kepada wartawan seusai peresmian NasDem Tower, Selasa (22/2/2022).

Setidaknya ada 3 nama yang dijagokan bakal menjadi Kepala Otorita Nusantara. Ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta eks Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono.

Jokowi pun dikabarkan sudah menunjuk orang yang dimaksud akan memimpin ibu kota baru di Kalimantan Timur tersebut. Nama Bambang Susantono disebut-sebut menjadi calon kuat untuk memimpin ibu kota baru.

Dukungan terhadap Bambang Susantono pun mencuat dari parlemen hingga kerabatnya. Simak rangkuman detikcom berikut ini:

Demokrat Nilai Bambang Berpengalaman Bidang Infrastruktur-Transportasi

Wasekjen Partai Demokrat Irwan Fecho menilai Bambang memang memiliki pengalaman pemerintahan dan infrastruktur.

"Secara pribadi saya tidak kenal, tapi menurut saya sosok beliau di samping sudah punya pengalaman dalam pemerintahan terkait sektor infrastruktur, transportasi," kata Irwan Fecho kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Tidak hanya itu, Irwan menyebut Bambang berpengalaman dalam pengembangan wilayah. Latar belakang ilmu sipil dan tata kota, menurutnya, juga mendukung.

"Juga pengembangan wilayah dan saya pikir latar belakang ilmu teknik sipil dan tata kota juga mendukung," ujarnya.

Lebih lanjut, Legislator dapil Kalimantan Timur ini meminta kepala otorita nantinya bekerja profesional dan tidak terikat dengan partai politik. Maka, menurutnya, bisa berfokus pada pembangunan IKN.

"Sebagai wakil rakyat dari Kaltim saya minta Kepala Otorita IKN itu dari profesional nonpartai politik sehingga bisa fokus memastikan segala potensi hambatan dan permasalahan terkait IKN itu bisa tuntas," ujar Irwan.

PKB Sebut Bambang Mumpuni Isi Posisi Kepala IKN

PKB menyebut sosok Bambang cukup mumpuni menduduki posisi tersebut jika melihat latar belakang dan keahliannya.

"Sejauh ini sosok Bambang Susantono cukup mumpuni melihat latar belakang pengalaman dan keahliannya, pernah menjabat Wakil Menteri Perhubungan pada era SBY," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Daniel juga menyebut Bambang berpengalaman di sektor perencanaan infrastruktur sehingga dinilai layak jika ditunjuk menjadi kepala otorita.

"Termasuk pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi, dan pendidikannya pun memiliki spesifikasi di bidang perencanaan infrastruktur," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT