8 Kejutan Survei Capres Terkini Saat Prabowo Berjaya Lagi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 06:20 WIB
Prabowo (kiri) - Ganjar (kanan atas) - Anies (kanan bawah).
Foto: Prabowo (kiri) - Ganjar (kanan atas) - Anies (kanan bawah). (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sejumlah kejutan muncul di survei terkini Litbang Kompas. Selain soal Prabowo Subianto yang berjaya lagi, kejutan lain di survei terkini Litbang Kompas adalah masuknya nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam bursa capres 2024.

Survei terkini Litbang Kompas digelar dari 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden. Responden survei ini dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Responden survei ditanya melalui metode wawancara tatap muka. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95% dengan margin of error plus minus 2,8%.

Berikut 8 kejutan di survei terkini Litbang Kompas:

- Prabowo Berjaya Lagi

Elektabilitas Prabowo diketahui sempat kalah dari Anies Baswedan, bahkan Ridwan Kamil berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis 15 Februari pekan lalu.

Dalam survei SMRC tersebut, Prabowo kalah dari Ridwan Kamil dan Anies di kategori pilihan top of mind atau jawaban spontan. Elektabilitas Prabowo di kategori itu sebesar 12%. Sedangkan Anies 12,2% dan Ridwan Kamil 13%.

Namun, berdasarkan survei terkini Litbang Kompas, elektabilitas Prabowo unggul 6% dari pesaing terdekatnya, yakni Ganjar Pranowo (20,5%). Bahkan elektabilitas Prabowo unggul jauh dari Anies (14,2%).

- Masuknya Nama Jenderal Andika Perkasa

Kejutan lain di survei terkini Litbang Kompas ialah masuknya nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Yang tambah mengejutkan, elektabilitas Andika justru lebih baik dibandingkan nama-nama yang sudah lebih dulu muncul.

- Elektabilitas Andika Perkasa di Atas Puan

Masuknya nama Andika Perkasa dalam bursa capres 2024 saja sudah mengejutkan. Ditambah lagi, elektabilitas Panglima TNI itu berada di atas nama-nama bakal capres yang sudah gaung sejak beberapa bulan lalu, seperti Gatot Nurmantyo, Erick Thohir, bahkan Puan Maharani.

Berdasarkan survei terkini Litbang Kompas, elektabilitas Andika mengungguli 4 nama lainnya. Berikut hasilnya:

Andika Perkasa 2%
Gatot Nurmantyo 1,4%
Erick Thohir 1,1%
Mahfud Md 1,1%
Puan Maharani 0,6%

- Ahok Masuk Bursa Capres Lagi

Nama Ahok sebetulnya sempat beberapa kali masuk bursa capres 2024, namun sudah beberapa bulan lalu. Terakhir kali, nama Ahok muncul di survei SMRC yang dirilis pada 28 Desember 2021.

Nama Ahok lalu masuk lagi berdasarkan survei terkini Litbang Kompas. Elektabilitas Ahok di survei tersebut sebesar 2,9%.

Lihat juga video 'Gerindra Masih Tunggu Undangan Prabowo Deklarasi Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



Simak kejutan lainnya di halaman berikutnya.