ADVERTISEMENT

PKB Nilai Bambang Susantono Cukup Mumpuni Pimpin IKN Nusantara

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 14:32 WIB
Daniel Johan
Foto: Daniel Johan
Jakarta -

Mantan Wamenhub Bambang Susantono disebut jadi calon kuat Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. PKB menyebut sosok Bambang cukup mumpuni menduduki posisi tersebut.

"Sejauh ini sosok Bambang Susantono cukup mumpuni melihat latar belakang pengalaman dan keahliannya, pernah menjabat Wakil Menteri Perhubungan pada era SBY," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Daniel juga menyebut Bambang berpengalaman di sektor perencanaan infrastruktur sehingga dinilai layak jika ditunjuk menjadi kepala otorita.

"Termasuk pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi, dan pendidikannya pun memiliki spesifikasi di bidang perencanaan infrastruktur," ujarnya.

Lebih lanjut Daniel tetap menyerahkan keputusan itu kepada Presiden. Dia berharap sosok Kepala Otorita nanti tidak kontroversial sehingga pembangunan IKN dapat berjalan sesuai harapan.

"Tapi kita serahkan sepenuhnya kepada keputusan Presiden, dan setelah Presiden memilih siapa yang akan menempati posisi Kepala Otorita IKN, akan dikonsultasikan bersama DPR," ujarnya.

"Kita berharap nanti yang akan mengisi pimpinan Otorita IKN adalah sosok yang tepat, tidak kontroversial, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik dan pembangunan berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan yang matang. Kita tunggu saja pengumuman resmi dari Istana dan keputusan Presiden yang final," lanjut Daniel.

Jokowi Segera Lantik Kepala Otorita

Presiden Jokowi mengungkapkan tak lama lagi nama calon Kepala Otorita Nusantara akan diumumkan. Bahkan Jokowi menyebut pelantikannya bisa saja digelar pekan depan.

"Ya mungkin, mungkin ini, minggu-minggu depan juga. Mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik," kata Jokowi kepada wartawan seusai peresmian NasDem Tower, Selasa (22/2/2022).

Setidaknya ada tiga nama yang dijagokan bakal menjadi Kepala Otorita Nusantara. Ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta eks Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono.

Jokowi pun dikabarkan sudah menunjuk orang yang dimaksud akan memimpin ibu kota baru di Kalimantan Timur tersebut. Nama Bambang Susantono disebut-sebut menjadi calon kuat untuk memimpin ibu kota baru.

Simak juga Video: Jokowi Akan Lantik Kepala Otorita IKN Pekan Depan: Nonparpol

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT