ADVERTISEMENT

Demokrat Puji Bambang Susantono yang Disebut Bakal Pimpin Nusantara

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 11:48 WIB
Anggota Komisi V DPR sekaligus Wasekjen Demokrat, Irwan Fecho.
Irwan Fecho (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Mantan Wamenhub Bambang Susantono santer menjadi calon kuat kepala otorita ibu kota negara (IKN) Nusantara. Partai Demokrat menilai Bambang memang memiliki pengalaman pemerintahan dan infrastruktur.

"Secara pribadi saya tidak kenal, tapi menurut saya sosok beliau disamping sudah punya pengalaman dalam pemerintahan terkait sektor infrastruktur, transportasi," kata Wasekjen Partai Demokrat Irwan Fecho kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Tidah hanya itu, Irwan menyebut Bambang berpengalaman dalam pengembangan wilayah. Latar belakang ilmu sipil dan tata kota menurutnya juga mendukung.

"Juga pengembangan wilayah dan saya pikir latar belakang ilmu teknik sipil dan tata kota juga mendukung," ujarnya.

Lebih lanjut, Legislator dapil Kalimantan Timur ini meminta kepala otorita nantinya bekerja profesional dan tidak terikat dengan partai politik. Maka, menurutnya, bisa berfokus pada pembangunan IKN.

"Sebagai wakil rakyat dari Kaltim saya minta Kepala Otorita IKN itu dari profesional nonpartai politik sehingga bisa fokus memastikan segala potensi hambatan dan permasalahan terkait IKN itu bisa tuntas," ujar Irwan.

Anggota Komisi V DPR ini juga meminta pemerintah memperhatikan kesenjangan sosial ekonomi yang menjadi dampak dari pembangunan IKN. Menurutnya, permasalahan itu perlu diselesaikan sebelum IKN benar-benar berjalan.

"Ingat IKN ini punya potensi mangkrak, berdampak pada kesenjangan sosial ekonomi juga infrastruktur, kerusakan lingkungan, akuntabilitas, masalah national security. Itu yang harus dipastikan diselesaikan sebelum IKN fungsional," kata Irwan.

Begitu juga pelibatan tokoh adat dan masyarakat setempat dalam pembangunan IKN. Dia menilai perlunya pemberdayaan sumber daya manusia dari masyarakat setempat dalam struktur otorita.

"Yang terpenting lagi adalah pelibatan sejak awal tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan khususnya masyarakat di sekitar IKN juga pemberdayaan sumber daya manusia lokal, termasuk pengusaha lokal di Kaltim, mulai dari perencanaan, pembangunan termasuk dalam struktur otoritanya," ucapnya.

Simak bisik-bisik nama calon ibu kota negara di halaman berikutnya.

Simak juga Video: Jokowi Akan Lantik Kepala Otorita IKN Pekan Depan: Nonparpol

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT