ADVERTISEMENT

Bisik-bisik Terkini Sosok Kepala Otorita Nusantara dari Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 07:57 WIB
Perpindahan Ibu Kota Indonesia, Ini Tahapannya
Istana Negara di Ibu Kota Baru (Dok. Instagram Nyoman Nuarta)
Jakarta -

'Bisik-bisik' tentang calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru semakin santer di telinga. Terkini, kisi-kisi sosok calon Kepala Otorita Nusantara diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai acara peresmian kantor DPP Partai NasDem di Jakarta, yang diberi nama NasDem Tower, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa tak lama lagi nama calon Kepala Otorita Nusantara akan diumumkan. Bahkan Jokowi menyebut pelantikannya bisa saja digelar pekan depan.

"Ya mungkin, mungkin ini, minggu-minggu depan juga. Mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik," kata Jokowi kepada wartawan, usai peresmian NasDem Tower, Selasa (22/2/2022).

Sejumlah nama kandidat calon Kepala Otorita Nusantara juga sudah beredar dalam beberapa waktu belakangan ini. Nama-nama yang beredar bukanlah politisi, mulai dari kepala daerah hingga mantan menteri.

Dan benar saja, latar belakang nama-nama yang mencuat sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan Presiden Jokowi. Di mana, calon Kepala Otorita Nusantara bukan seorang politisi.

"Nonparpol," singkat Jokowi saat memberikan kisi-kisi calon Kepala Otorita Nusantara.

Presiden Jokowi sebelumnya juga disebut-sebut sudah mengantongi nama calon Kepala Otorita Nusantara. Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB, Luqman Hakim, yang menyebut demikian.

"Kepala Otorita IKN Nusantara, namanya sudah di saku Presiden Joko Widodo," kata Luqman saat dihubungi, Jumat (18/2).

Saat itu Luqman juga menyebut Jokowi sedang menunggu hari baik untuk mengumumkannya. Pernyataan Luqman itu juga sesuai dengan yang disampaikan Jokowi kemarin.

"Setahu saya, Presiden Jokowi sangat fokus agenda pembangunan IKN Nusantara. Termasuk mempersiapkan figur yang akan ditunjuk sebagai kepala otorita. Kapan diumumkan, saya kira Presiden Jokowi sedang menunggu hari baik," sebut Luqman.

Siapa saja sih tokoh-tokoh yang dijagokan bakal memimpin Nusantara? Simak di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Jokowi: Pemindahan IKN Bukan Sekedar Pindah ASN-Bangun Gedung Pemerintah':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT